PPI UNAS RAIH AKREDITASI DARI UNITED NATIONS ENVIRONMENT PROGRAMME 

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional (PPI UNAS) berhasil meraih akreditasi dari United Nations Environment Programme (UNEP) sebagai pengamat untuk badan pengelola Program Lingkungan Persatuan Bangsa-Bangsa atau Governing Body of the United Nations Environment Programme. Akreditas ini disampaikan melalui surat akreditasi yang diserahkan kepada Ketua PPI Unas, Dr. Fachruddin M. Mangunjaya yang ditandatangani oleh Sekretaris Badan Pengatur UNEP, Jo Elis pada Senin, 29 Maret 2021. 

Melalui surat akreditasi dengan nomor 650/2020, Badan Pengatur Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) menyatakan telah melakukan penilaian dan pertimbangan terhadap dokumen dan informasi yang diberikan oleh PPI-UNAS. “Dengan hasil itu, UNEP memberikan akreditasi sebagai pengamat untuk badan pengelola Program Lingkungan PBB yang diubah namanya menjadi Majelis Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa dari PBB,”  demikian dinyatakan dalam surat akreditasi.

Dengan akreditasi ini, nantinya PPI UNAS akan bertindak sebagai pengamat untuk semua pertemuan dan sesi publik Majelis Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organ-organ di bawahnya. Dalam surat tersebut, dijelaskan juga bahwa sebagai organisasi terakreditasi, PPI UNAS diminta mengajukan laporan kegiatan ke Program Lingkungan PBB setiap empat tahun dan diserahkan ke Sekretariat Badan Pengatur.

Dikutip dari laman unep.org, akreditasi memberikan status konsultatif organisasi di Lingkungan PBB dalam aturan prosedur Majelis Lingkungan PBB. Selama sesi Majelis Lingkungan PBB, organisasi terakreditasi dapat berpartisipasi dalam diskusi pleno, komite seluruh dan konsultasi menteri sebagai pengamat, mengedarkan pernyataan tertulis kepada Pemerintah melalui Sekretariat Lingkungan PBB, dan membuat pernyataan lisan selama diskusi Majelis Lingkungan PBB.

PPI UNAS atau Center for Islamic Studies atau merupakan salah satu pusat studi yang ada di Universitas Nasional. Lembaga ini dicanangkan pendiriannya pada 30 Jumadil Awwal 1405 H atau bertepatan dengan 20 Februari 1985, dan diresmikan oleh Rektor Universitas Nasional Prof. Dr. Mr. Sutan Takdir Alisyahbana bersama Menteri Agama RI H. Munawir Sadjali, MA.

Pusat Pengajian Islam (PPI) berkonsentrasi pada kajian kontemporer tentang tantangan Islam terkini, terutama dalam kaitan dengan Perspektif Islam dalam lingkungan hidup, konservasi alam dan perubahan iklim. PPI Unas juga berusaha membangun jembatan penghubung antara para ahli dan tokoh dengan komunitas Muslim serta ilmuwan dan praktisi lingkungan demi kebaikan manusia dan planet ini.

Selain itu, PPI UNAS juga memiliki visi untuk mendorong integrasi pemikiran Islam dan kajian ilmiah serta berkontribusi pada inisiatif lokal, nasional, regional dan internasional tentang Islam dan lingkungan. Pusat studi ini juga terbuka untuk kegiatan yang bersifat akademis dan kajian-kajian tentang pemikiran Islam baik klasik maupun kajian pemikiran Islam modern yang bersifat sebagai landasan praksis dan sumbangan lembaga pemikiran (think thank). (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!