Perluas Kerja Sama Tridharma, Unas Teken MoU dengan Tiga Universitas di India

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional melakukan lawatan ke India untuk menjajaki kerja sama dengan tiga Universitas serta mengikuti BRICS International Conference di University of Kota, Rajasthan, India. Kerja sama itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang berfokus pada kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Delegasi Unas yang berangkat terdiri dari Wakil Rektor Unas Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama (PPMK) Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., Kepala Biro Administrasi Kerja Sama Unas Dr. Irma Indrayani, S.I.P., M.Si., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unas Dr. Asep Parantika serta staf di Biro Administrasi Kerjasama Unas Anita Rosana, M.A. dan Astri Rozanah Siregar, S.Si., S.Pd.

Adapun tiga Universitas yang menjalin kerja sama dengan Unas yaitu Modi Institute of Management and Technology dan University of Kota, Rajasthan, India serta Poddar Group of Institution (Poddar International College and Poddar Management and Technical Campus), di Kota Jaipur, India.

Ketiga MoU ini berisi kesepakatan untuk bersama-sama mengembangkan program bagi kepentingan bersama dibidang tridharma perguruan tinggi yang mencakup Pertukaran mahasiswa, Pertukaran staf pengajar dan Profesor, Penelitian dan publikasi bersama, Konferensi bersama, Berbagi keahlian dan inisiatif untuk kepentingan bersama kedua institusi, dan Kegiatan-kegiatan lain.

“Jadi kami disana (India) memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk menjalin kerja sama dengan tiga universitas di India melalui penandatanganan MoU,” ujar Wakil Rektor Unas Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. kepada Humas Unas, pada Rabu, 22 Februari 2023 di Ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan segera menindak lanjuti kerja sama ini dengan pertukaran pelajar, pertukaran dosen dan visiting Professor, penelitian dan publikasi bersama serta konferensi bersama. “Jadi itulah yang menjadi fokus tindak lanjut kita jadi pertukaran pelajar, pertukaran dosen atau visiting professor, riset bersama publikasi bersama dan tentu saja ada hal-hal lain yang bisa kita tindak lanjuti,” ungkapnya.

Baca Juga :   Visitasi Program Studi Fisika Oleh Tim Asesor BAN-PT

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Administrasi Kerja Sama Unas Dr. Irma Indrayani, S.I.P., M.Si., berharap kerja sama ini dapat segera diimplementasikan oleh kedua belah pihak. Tak hanya itu, Irma juga menyatakan bahwa Biro Kerjasama siap untuk memfasilitasi semua fakultas yang ada di Unas untuk menjalin kerja sama.

“Harapannya dari kerja sama ini memang langsung implementasi ya. Karena kalau MoU harus dibarengi dengan implementasi kegiatan dan saya berharap biro kerja sama bisa memfasilitasi semua fakultas di Unas ini yang kita dapatkan dari peluang-peluang bertemu dengan berbagai negara di konferensi ini,” katanya.

Penandatanganan MoU dengan University of Kota dilakukan pada Senin, 13 Februari 2023 di Hotel Lotus Ananta Elite, disela-sela berlangsungnya acara BRICS Conference. Nota kerja sama ditandatangani oleh Vice Chancellor University of Kota, Prof Neelima Singh disaksikan oleh Head and Associate Professor, Department of Commerce Management, Dr. Anukrati Sharma. Sementara dari Pihak Universitas Nasional ditandatangani oleh Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, MA dan Wakil Rektor Unas Bidang PPMK Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt.

Keesokan harinya, pada Selasa, 14 Februari 2023, Delegasi Unas melanjutkan kegiatan penandatanganan MoU dengan Modi Institute of Management and Technology di Kampus Modi. Penandatanganan MoU ditandatangani oleh Direktur Modi/MIMT, Prof. N.K. Joshi. Sementara dari Pihak Universitas Nasional ditandatangani oleh Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, MA dan Wakil Rektor Unas Bidang PPMK Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt.

Kemudian pada Jumat, 17 Februari 2023, Delegasi Unas datang ke Kampus Poddar untuk kembali melakukan Penandatanganan MoU dengan Poddar Group of Institutions (Poddar International College and Poddar Management and Technical Campus, Rajasthan, India). Penandatanganan dilakukan disela-sela berlangsungnya acara International Conference on Sustainable Business Environment and Innovative Practices.

Baca Juga :   Lee Eun Bin, Hadiah dari Negeri Ginseng

MoU ditandatangani oleh Ketua Poddar Group of Institutions, Dr. Anand Poddar, dan sebagai saksi Dr. Sunil Kakkar obo Direktur Poddar Group of Institutions. Sementara dari Pihak Universitas Nasional ditandatangani oleh Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, MA dan Wakil Rektor Unas Bidang PPMK Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt.

Sementara diwaktu yang lain, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unas Dr. Asep Parantika, S.E., M.M. Unas bisa memanfaatkan jaringan barunya untuk bisa menjadi bagian dari dunia Internasional. Ia juga berharap, Unas bisa bekerja sama dengan kampus-kampus dari Negara BRICS yang lain seperti Brasil, Rusia, China, dan South Afrika.

“Kita berharap suatu saat kita bisa menjalin kerja sama apakah itu dalam joint research, pertukaran pelajar, pertukaran dosen dan lain-lain yang kita harapkan paling tidak Unas bisa mengadakan International conference yang bisa dihadiri oleh negara-Negara BRICS ini,” ungkapnya.

Menghadiri BRICS International Conference

Selain melakukan penandatanganan kerja sama, Delegasi Unas juga menghadiri BRICS International Conference pada Senin, 13 Februari 2023 di Hotel Lotus Ananta Elite, Rajasthan, India. Dalam acara ini, Kepala Biro Administrasi Kerja Sama Unas Dr. Irma Indrayani, S.I.P., M.Si. yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unas turut menyampaikan materi presentasi.

Disamping itu, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unas Dr. Asep Parantika, S.E., M.M. bertindak sebagai Chairperson, Co-Chairman, Moderator serta presenter yang membawakan artikel berjudul Indonesia’s Challenges in the World Culinary Industry through the “Spice Up The World’ program.

Wakil Rektor Unas Bidang PPMK Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. pun didapuk menjadi co-chair lady dari beberapa event.

Baca Juga :   Musyawarah Mahasiswa HIMAJEM

Prof. Erna menyampaikan bahwa para delegasi Unas sangat dihargai dan dihormati saat berada disana (India). Ia juga menuturkan bahwa banyak dari negara-negara lain yang datang untuk mengajak bekerja sama dengan Unas. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!