Peran Aktif PPI Unas Diapresiasi UNEP

Jakarta (Unas) – Pusat Pengajian Islam (PPI) Universitas Nasional (Unas) selama ini berperan aktif dalam menggalang kekuatan agama khususnya Islam dan juga agama lain dalam membantu perbaikan lingkungan. Hal tersebut diapresiasi oleh United Nations Environment Programme (UNEP) atau program PBB untuk lingkungan hidup. Dalam beberapa tahun terakhir UNEP mempunyai program khusus menggalang pelibatan agama dalam gerakan konservasi. Gerakan itu disebut dengan Faith for Earth (#Faith4Earth).

Salah satu tujuan gerakan tersebut menurut UNEP adalah dalam upaya melibatkan organisasi berbasis agama (FBO) dan memobilisasi para pemimpin dan masyarakatnya  dalam kemitraan yang efektif untuk secara kolektif mencapai  Tujuan Pembangunan Pembangunan (SDG) dan memenuhi tujuan Agenda 2030.

Dalam laporan UNEP, PPI Unas dinilai sebagai organisasi yang peduli di Indonesia dalam berpartisipasi aktif di berbagai proyek lingkungan termasuk menangani perdagangan hidupan liar tacking the trade of illegal wildlife, studi perubahan perilaku masyarakat, dan mendidik masyarakat dalam penyadaran dan edukasi untuk perubahan iklim.

Pada akhir December 2017, PPI UNAS  diundang untuk turut berkontribusi dalam memberikan masukan kepada UNEP dalam kapasitasnya sebagai lembaga yang telah aktif dengan inisiati agama dan lingkungan. Kegiatan ini menghasilkan laporan  pencapaian dari Faith for Earth Initiative selama periode 2018-2019 dengan  pencapaian tiga tujuan menyeluruhnya yang dicatat oleh UNEP.

Adapun tiga tujuan tersebut yakni  pertama, memperkuat kemitraan dengan kepemimpinan organisasi berbasis agama untuk dampak  kebijakan,  kedua, investasi, operasi, dan aset berbasis organisasi hijau iman, serta membangun sistem dukungan berbasis pengetahuan yang dapat diakses.

“Kehadiran ini adalah untuk berbagi pengalaman tentang apa yang telah dikembangkan dalam upaya mengkaji kearifan pendekatan agama untuk lingkungan hidup,” kata PPI Unas, Dr Fachruddin Mangunjaya, saat menghadiri acara tersebut, (30/11/2017).

Baca Juga :   Tingkatkan Kemampuan Business English, FBS Kembali Berkolaborasi dengan British Council Adakan EnglishScore Test

PPI Unas juga berperan aktif berjeraring dengan lembaga-lembaga dan para ilmuwan seluruh dunia untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) khususnya melalui pendekatan agama. Pada tahun 2015, PPI bersama dengan tokoh  Indonesia Prof Din Syamsuddin, turut meluncurkan Faith Commitrment for UNSDGs.

Kaegiatan ini dapat dilakukan dalam bentuk kemitraan  yang beragam, dari kegiatan dialog antar agama dan keyakinan dan mengadakan konferensi dari tingkat nasional, pelatih di tingkat akar rumput, hingga di kawasan regional dan global. PPI juga bekarjasama dengan lembaga dan badan pemerintah dalam upaya mensinergikan kegiatan dan penguatan aksi, salah satunya  dengan Badan Restorasi Gambut (BRG).

 

Sumber : http://ppi.unas.ac.id/peran-aktif-ppi-unas-diapresiasi-unep/

http://ppi.unas.ac.id/ppi-hadiri-sidang-pbb-untuk-kesadaran-lingkungan-melalui-agama/

   
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!