Pengamat Mengingatkan Potensi Asia Tenggara Jadi Kawasan Perang Baru

Potensi Asia Tenggara Jadi Kawasan Perang Baru

Jakarta(Unas)- Dosen Hubungan Internasional FISIP Universitas Nasional, Robi Nurhadi, mengingatkan para pihak agar mencegah terjadinya perang baru di kawasan Asia Tenggara. Hal ini dikatakannya, merespon adanya eskalasi militer Cina di Taiwan yang dipicu kedatangan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ke negara yang diklaim Cina tersebut (2/8). Pada saat yang sama, AS bersama Indonesia menggelar latihan militer besar-besaran bernama “Super Garuda Shield 2022” pada 1-14 Agustus yang melibatkan 12 negara lainnya yaitu Australia, Malaysia, Jepang, Singapura, Perancis, Inggris, Papua Nugini, Timor Leste, India, Kanada, New Zealand dan Korea Selatan.

“Dilihat dari negara-negara yang terlibat, Super Garuda Shield 2022 memberi pesan adanya politik pengepungan terhadap Cina. Pada saat yang sama, kedatangan Ketua DPR AS ke Taiwan, sulit untuk tidak dikatakan sebagai sebuah provokasi politik. Masalahnya adalah, Cina cenderung akan bersikap nekad dibanding mau mundur dan sikap akrobatiknya berubah. Situasi ini, kalau tidak dikelola, akan mendorong terjadinya perang di kawasan Asia Tenggara”, ujar Robi Nurhadi kepada media di Jakarta.

Robi Nurhadi.Ph.D., dosen Fisip Universitas Nasional

Bahkan menurut alumni Center for History, Politic and Strategy UKM Malaysia, dijadikannya Puslatpur Kodiklatad Baturaja di Sumatera Selatan, dan penggunaan peralatan tempur dari 14 negara pesertanya, menunjukan adanya pesan khusus kepada Cina yang telah menggelar pasukan militernya di sekitar laut Cina Selatan.

“Meski Jenderal Andika dan Jenderal Charles A. Flynn membantah pesan khusus kepada Cina tersebut, itu tidak menghilangkan substansi pesan yang telah disampaikannya. Itulah diplomasi strategi militer, he he”, tambah pengajar mata kuliah “strategi dan keamanan internasional” di FISIP Universitas Nasional tersebut.

Robi melihat ada yang menarik dari strategi keamanan Indonesia saat ini. “Satu sisi bermesraan dengan negara-negara anggota Pakta Pertahanan AUKUS dalam program Super Garuda Shield, namun di sisi lain mengangkat “Indonesian Paper” ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) terkait program kapal selam bertenaga nuklir yang tentu saja menyinggung negara-negara AUKUS tersebut”, ujar Robi Nurhadi.

Baca Juga :   Mahasiswa Fakultas Biologi Presentasikan Hasil Penelitian dalam Seminar KKL

Namun Kepala Pusat Penelitian Pascasarjana UNAS tersebut melihat sisi positif dari adanya Super Garuda Shield 2022 dan Indonesian Paper atau Nuclear Naval Propulsion tersebut. “Dua hal itu menegaskan bahwa Indonesia semakin diperhitungkan dalam percaturan politik global. Yang penting, jangan salah langkah. Kita mesti gunakan posisi Indonesia saat ini untuk mendorong perdamaian dunia, atau minimalnya memastikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang aman”, ujar Robi Nurhadi mengakhiri. (*)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!