Pengabdian Pada Masyarakat, Empat Mahasiswa Ilmu Komunikasi Lakukan Pelatihan Keterampilan Dasar TIK Pada Anak-Anak Tunawisma

Jakarta (UNAS) – Empat Mahasiswa Universitas Nasional melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan memberi pelatihan keterampilan dasar teknologi informasi dan komunikasi pada anak-anak di sekolah master Depok pada Sabtu, (19/12). Mereka adalah Abdillah Irfan, Ade Putri Novianti, Annisa Noviani dan Rosa Indah Mulya Dewi mahasiswa kelas karyawan Program Studi Ilmu Komunikasi. Kegiatan PKM ini merupakan implementasi dari mata kuliah Public Relations dan Manajemen Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah diajarkan dikelas.

Dalam keterangannya, Koordinator kegiatan Abdillah Irfan menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong para mahasiswa berempati dan berkontribusi kepada masyarakat. Serta mengimplementasikan program merdeka belajar yang dicanangkan oleh pemerintah.

Kegiatan PKM yang diKegiatan PKM yang dilakukan Prodi Ilmu Komunikasi di Sekolah Master Depok pada Sabtu, (19/12)lakukan Prodi Ilmu Komunikasi di Sekolah Master Depok
Kegiatan PKM yang dilakukan Prodi Ilmu Komunikasi di Sekolah Master Depok pada Sabtu, (19/12)

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 pagi hingga 11.00 WIB ini, mengangkat tema “Kesetaraan Pendidikan di Indonesia”. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Dosen pengampu mata kuliah Public Relations dan Manajemen CSR Yayu Sriwartini, S.Sos.,M.Si. Kegiatan ini diisi dengan pembelajaran serta pelatihan tentang perkembangan teknologi di Indonesia.

Sekolah Master merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang dibangun khusus untuk anak-anak yang memiliki keterbatasan ekonomi. Seperti anak yatim, dhuafa, pengamen, dan anak jalanan. Anak-anak yang mengenyam pendidikan di sekolah master ini terdiri dari pelajar TK, SD, SMP, hingga SMA. Saat ini setidaknya ada lebih dari 2.000 siswa yang belajar di dalam bangunan seluas sekitar 8.000 meter persegi tersebut.

“Selain tujuan substansi, kegiatan ini juga bertujuan memberi pemahaman kepada Siswa/siswi Sekolah Master Depok supaya dengan keterbatasan yang mereka miliki Namun tetap bisa merasakan apa yang bisa orang lain rasakan,” ujar Irfan.

Ia juga menambahkan bahwa detail dari kegiatan ini adalah memberikan bekal materi kepada Siswa/Siswi serta memberi mereka akses untuk praktek langsung mengoperasikan laptop dan juga kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR). Sehingga dapat memberi dampak positif bagi para Siswa/siswi yang ada di Sekolah Master Depok.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Siswa/siswi Sekolah Master Depok. Selain itu, mereka juga diharapkan bisa memanfaatkan serta mengimplementasikan ilmu tentang teknologi yang mereka dapatkan dari Mahasiswa Universitas Nasional untuk masa depan mereka kelak. Karena seiring waktu berjalan perkembangan teknologi pasti semakin pesat,” ungkap Irfan. (*MHS/DMS)

Pemberian pelatihan keterampilan dasar teknologi informasi dan komunikasi pada anak-anak di sekolah master Depok oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional
Pemberian pelatihan keterampilan dasar teknologi informasi dan komunikasi pada anak-anak di sekolah master Depok oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional