Menindaklanjuti Kerjasama, AKPARNAS dan UPH Adakan Workshop Public Speaking

JAKARTA – Menindaklanjuti kerjasama Akademi Pariwisata Nasional (AKPARNAS) dengan Universitas Pelita Harapan (UPH) dalam bidang komunikasi pariwisata, sebanyak 30 mahasiswa AKPARNAS mengikuti workshop komunikasi public speaking and presentation, pada Kamis (12/7). Acara yang diselenggarakan oleh UPH itu dilakukan guna meningkatkan softskill mahasiswa AKPARNAS dalam bidang pariwisata.

“Jadi kegiatan ini memang bagian dari tindaklanjut pertemuan Rektor UPH dengan AKPARNAS dalam hal kerjasama bidang komunikasi pariwisata, salah satunya adalah mengenai public speaking yang nantinya akan terus dipegang oleh lulusan AKPARNAS ketika masuk ke dunia kerja,” ujar Direktur AKPARNAS, Eddy Guridno, S.E., M.Si. M. dalam sambutannya.

Eddy menambahkan, public speaking sendiri harus didalami oleh mahasiswa AKPARNAS karena erat kaitannya dengan front office. Dimana dalam dunia kerja, lulusan AKPARNAS akan bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda, sehingga skill berkomunikasi dengan baik penting untuk ditingkatkan.

Sementara itu, salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut, Agata Verencia mengatakan bahwa kemampuan public speaking yang dimiliki oleh mahasiswa perhotelan dapat menjaga citra dan nama institusi perusahaan di dunia kerja.

“Misalnya kalau di hotel, trus ada turis yang nanya tentang obyek wisata di sekitar hotel atau nanya tentang perusahan hotel itu, semua itu kan butuh kemampuan berkomunikasi yang baik. Ini penting banget, karena yang pertama kali dilihat itu pelayanan orang hotelnya, gaya bicaranya, baru kemudian fasilitas hotelnya,” imbuhnya.

Agata melanjutkan, guna mendalami ilmu public speaking, yang terpenting harus dilakukan adalah praktik secara terus-menerus. Menurutnya, terdapat terdapat 10 kunci keberhasilan dalam public speaking diantaranya harus menguasai materi, perbanyak latihan, mengenali sasaran audience, menggunakan gerak tubuh, kuasai panggung, lakukan kontak mata dengan audience, mempunyai tekad untuk sukses, rileks, dan konsentrasi. Kegiatan ini diakhiri dengan praktik public speaking oleh mahasiswa AKPARNAS secara berkelompok.(*NIS)