Mengulik Teknologi Artificial Intelligence Melalui Seminar IT FUN

JAKARTA – Perkembangan teknologi yang semakin maju dan terdepan membuat Himpunan Mahasiswa Informatika Fakultas Teknologi, Komunikasi, dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (UNAS), melangsungkan berbagai kegiatan berbasis IT. Salah satunya adalah Seminar bertajuk ‘The Growth Of Artificial Intelligence In E-Commerce’, yang digelar di Aula UNAS, pada Senin (22/10). 

Salah satu narasumber dalam kegiatan itu, Rev Steven Octavianus, S.Kom mengatakan, teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan saat ini sedang berkembang dan mengelami perkembangan yang begitu pesat. AI merupakan teknologi yang akan mengubah perilaku manusia dikehidupan sehari-hari sebagai investasi masa depan. 

“AI merupakan teknologi baru yang dimana membuat komputer dapat berpikir layaknya manusia. Jadi dengan AI dapat mempermudah orang-orang untuk melihat interaksi orang awam melalui teknologi, dan melakukan kegiatan lainnya,” tutur Rev. 

Hingga saat ini, lanjutnya, perusahaan yang menerapkan teknologi AI kian meningkat. Cikal bakal robot manusia itu kini semakin banyak diminati oleh orang-orang yang melek internet. 

“Teknologi AI ini selain dapat menciptakan kecerdasan berpikir, juga dapat merespon rangsangan, dan lebih hebatnya lagi bisa merasakan dan membuat keputusan seperti manusia,” imbuhnya.

Pria berkaca mata  itu menambahkan, teknologi AI dapat dirasakan disemua bidang. Tanpa disadari, AI juga begitu dekat dengan kehidupan manusia. Teknologi itu bukan hal yang baru dalam dunia IT, namun tidak terlihat keberadaannya. 

Dalam presentasinya, web developer itu juga memperlihatkan teknologi AI yang dapat mendeteksi hewan dan manusia lewat sebuah video. Ia juga menunjukkan beberapa rumus dalam menjalankan teknologi AI. 

Sementara itu, Dekan FTKI Ucuk Darusalam, S.T., M.T. mengatakan, bidang IT menjadi tantangan masa depan bagi mahasiswa FTKI karena terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan. “Teknologi semakin lama semakin berkembang dan mahasiswa harus siap bersaing dengan perkembangan-perkembanagn itu. Jadikan diskusi ini dapat membangkitkan semangat kalian dalam pemanfaatan teknologi-teknologi yang canggih,” tuturnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan IT FUN 2.0 “Improve Your Creativity, Make IT Fun,” yang berlangsung pada tanggal 22, 24, dan 26 Oktober 2018. Kegiatan itu terdiri dari seminar, workshop unity, workshop mikrotik, dan talkshow.(*NIS)