Melalui Kerjasama UNAS-KSI, Mahasiswa Dapat Belajar Kebudayaan Korea

JAKARTA – Sehubungan dengan adanya kerjasama Universitas Nasional (UNAS) dengan King Sejong Insitute (KSI), mahasiswa UNAS dapat belajar mengenai kebudayaan Korea. Salah satunya melalui program Munhwa Academy atau Akademi Kebudayaan, yang berlangsung pada 20 Juli hingga 10 Agustus 2018 di UNAS.

Kegiatan ini mendatangkan 4 guru dari KSI Korea untuk mengajar beberapa kebudayaan Korea yang menjadi minat tinggi bagi mahasiswa UNAS. Kelas yang dibuka diantaranya film dan drama, menulis kaligrafi huruf/abjad Korea (Hangeul)Hanbook Experience atau belajar mengenai pakaian tradisional Korea, dan memasak. Kegiatan ini terbuka bagi seluruh mahasiswa UNAS dan diikuti oleh 20 mahasiswa disetiap kelasnya.

Konsultan KSI Jakarta, Kwon Young Sun mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UNAS mengingat semakin popularnya budaya Korea di Indonesia. “Lewat Munhwa Academy ini mereka bisa lebih mengenal kebudayaan Korea yang sedang trend di Indonesia dan menambah pengetahuan mereka mengenai bahasa Korea yang biasanya digunakan sehari-hari,” ujarnya.

 Febriana, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa mahasiswa UNAS memiliki antusias yang besar dalam mengikuti kegiatan Munhwa Academy. Hal itu terlihat dari promosi kegiatan yang dilakukan oleh panitia melalui official instagram ABANAS sudah cepat terbooking dalam waktu satu jam.

“Promosi kegiatan pakai instagram dan baru dishare aja sudah banyak yang daftar lewat form. Ini menunjukkan antusias mereka besar banget ditambah kegiatan ini tidak dipungut biaya dan peserta akan mendapatkan sertifikat di closing acara,” tutur mahasiswa ABANAS semester 5 itu.

Disinggung perihal kelas yang diikutinya, Febri mengaku sempat mengikuti kelas film dan drama. Dalam kelas itu, mahasiswa dituntut secara berkelompok untuk memperagakan beberapa adegan dalam sebuah drama Korea. “Kemarin tim saya disuruh praktekin drama Descendats of The Sun. Lalu kelompok yang bagus dikasih hadiah dari panitia. Seru sih, menarik, dan nggak membosankan. Semoga acara seperti ini bisa terus berlangsung supaya mahasiswa UNAS bisa mengisi waktu libur mereka dengan hal-hal yang positif ” tutupnya.