Mahasiswa dan Dosen FTKI Paparkan Hasil Jurnal Nasional dalam Seminar Nasional

JAKARTA (UNAS) – Sadar akan pentingnya tren era Revolusi Industri 4.0, mahasiswa tingkat akhir beserta para Dosen Fakultas Teknologi dan Informasi (FTKI) memaparkan hasil Jurnal Nasional mereka dalam Seminar Nasional yang bertajuk “Smart Education in 4.0 Industry Revolution Era” di Aula Blok 1 lantai 4 Universitas Nasional.

Seminar yang diselenggrakan pada Rabu (6/19) ini mengundang tiga narasumber, antara lain Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, Direktur Pembelajaran dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI), Wakil Rektor bidang Akademik UNAS  Prof. Dr. Iskandar Fitri, ST., MT, yang juga  Profesor bidang Teknik Telekomunikasi dan Prof. Ir. Teddy Mantoro, MSc., PhD., SMIEEE dari Sampoerna University.

Dalam Paparannya, Prof. Dr. Iskandar Fitri, ST., MT menjelaskan bahwa “ pada era Revolusi Industri 4.0 ini infromasi yang disampaikan setiap waktunya mengalami peningkatan, ada dua ragam peningkatan yaitu ragam kapasitas dan mode transfer informasi”.

“Informasi yang di transmisikan (dikirmkan) setiap waktunya selalu mengalami peningkatan pada dua aspek besar yaitu ragam kapasitas dan mode transfer informasinya. Ragam kapasitas informasi terdiri dari teks, gambar, video terus mengalami peningkatan dengan segala macam variasi pada aspek visualisasi, animasi, interaksi, komputasi. Dari sisi mode transfer informasinya juga mengalami perkembangan yang sangat revolusiner yang intinya hampir semua perangkat berbasis kelistrikan dapat saling terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan global (world wide web),” ujar Iskandar yang merupakan Dosen FTKI UNAS.

Sementara itu, Agung Triayudi S.Kom, M.Kom Ketua Program Studi Sistem Infromasi FTKI dan selaku ketua panitia menyampaikan Seminar Nasional ini juga merupakan kegiatan rutin yang diadakan dua kali dalam satu tahun sebagai syarat untuk memenuhi  tugas akhir dan memfasilitasi para dosen FTKI untuk mempresentasikan hasil penelitiannya.

“Seminar ini rutin diadakan di bulan Maret dan Oktober setiap tahunnya, guna memenuhi syarat kelulusan.  Di FTKI ada dua jalur dalam penulisan tugas akhir yaitu jalur buku skripsi dan jalur jurnal publikasi.  Selain untuk syarat kelulusan, Seminar ini juga untuk memfasilitasi dosen FTKI untuk mempresentasikan hasil penelitiannya,” ucapnya saat ditemui dirunang dosen FTKI.

Pada kesempatan yang sama Apriliani Widiyanti memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul “Sistem Informasi E-Learning untuk SMA Menggunakan Metode Cooperative Problem Based Learning (CPBL) Berbasis WEB”. April memaparkan hasil penilitiannya berupa Aplikasi yang dirancang untuk strategi belajar mengajar yang dapat membantu  siswa dalam mengerjakan tugas sekolah.

“Jadi aplikasi yang saya buat ini menggunakan metode Cooperative Problem based learning yang dirancang untuk strategi belajar dan mengajar untuk membantu siswa dalam mengerjakan tugas. Dengan adanya sistem E-Learning ini dapat meningkatkan komunikasi guru dan siswa dalam proses belajar  mengajar,” kata April yang sekarang ini merupakan mahasiswa tingkat akhir di FTKI.

Seminar yang dibuka untuk umum ini juga memberikan kesempatan pesertanya untuk mempresentasikan hasil penelitian. Seperti Faris Helmi, Siswa kelas 2 SMKN Cibinong, Bogor mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Rekonfogurasi dan Peningkatan Kualitas Jaringan LAN Menggunakan Metode Kombinasi Load Balancing dan Failover” yang bertujuan untuk meningkatkan jaringan disekolah.

Dalam seminar ini juga dilakukan MoU (Memorandum of Undersanding) dengan beberapa perguruan tinggi untuk mengadakan kerjasama dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. (*TIN)