Mahasiswi UNAS Berbagi Pengalaman Menarik Mengikuti Program Kampus Mengajar

Jakarta (UNAS) – Dua mahasiswi UNAS yang berhasil terpilih mengikuti Program Kampus Mengajar batch 2 dan batch 3 menceritakan pengalaman menarik mereka ketika terlibat dalam Program Kampus Mengajar (PKM). Hal tersebut disampaikan secara daring pada acara sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Kampus Mengajar, Kamis, 10 November 2022.

 Moderator acara sekaligus Kabid MBKM UNAS, Mira Adita Widianti, S.I.Kom., M.I.Kom., mengatakan, dengan mengikuti Program Kampus mengajar, banyak pengalaman yang didapatkan untuk membuat strategi pembelajaran yang menarik. Sehingga, program ini sesungguhnya tidak hanya bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa untuk mengajar, namun lebih dari itu, program ini ingin agar mahasiswa mampu membuat strategi pembelajaran yang inovatif.

“Hal ini menjadi penting, apalagi ketika mahasiswa terpilih ditempatkan untuk mengajar murid-murid di wilayah/tempat yang terpencil”, ujar Mira.

Lana Nadia, S.S., salah satu peserta PKM Batch 2 menceritakan pengalamannya.

Sementara itu, salah satu narasumber yaitu alumnus mahasiswi UNAS yang berhasil mengikuti Program Kampus Mengajar Batch 2, Lana Nadia, S.S., mengatakan, banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mengikuti program ini, di antaranya yaitu uji kemampuan, menambah pengalaman, menambah teman, serta merasakan aktivitas yang beragam dan dinamis.

“Hal ini menjadi menarik, karena saat itu kita juga sedang menghadapi pandemic COVID-19, sehingga salah satu kegiatan selama mengajar adalah bagaimana bisa mengenalkan teknologi kepada murid-murid sebagai media pembelajaran yang baru“, kata Lana.

Hal yang sama disampaikan mahasiswi UNAS lain, yang merupakan peserta Program Kampus Mengajar Batch 3, Indira Aulia Mandasari. Menurutnya, adaptasi teknologi menjadi hal yang cukup penting untuk diajarkan, apalagi dirinya ditempatkan di SD yang cukup terpencil.

“Banyak kekurangan yang perlu dibenahi, seperti fasilitas, kemudian manajemen SDM yang belum maksimal, serta literasi yang masih kurang. Namun hal ini menjadi sebuah pengalaman dan tantangan yang baru bagi saya”, terang Indira.

Baca Juga :   Diikuti 107 Peserta, BP-Pro Unas dan PT SNU Lakukan Training Online Manajemen Risiko K3

Sebagai informasi, Program ini merupakan bagian dari kebijakan MBKM, salah satu program yang dimiliki oleh Kampus Merdeka. Kampus Merdeka sendiri merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dengan tujuan mendorong para mahasiswa menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Dalam acara, turut hadir beberapa narasumber yaitu Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., sebagai Duta Kampus Merdeka Provinsi DKI Jakarta, Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M., selaku Koordinator MBKM Kampus Mengajar, Lana Nadia, S.S yang merupakan Alumni Kampus Merdeka Batch 2, serta Indira Aulia Mandasari, sebagai Alumni Kampus Mengajar Batch 3. Adapun acara ini dipimpin oleh Mira Adita Widianti, S.I.Kom., M.I.Kom., yang juga merupakan Kabid MBKM UNAS, sebagai moderator.

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!