Mahasiswi Prodi Administrasi Publik UNAS Jadi Juara Favorit Tingkat Nasional

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) -Intan Atmanegara mahasiswa Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional berhasil menjadi juara favorit tingkat nasional dalam kegiatan “Lomba Poster Ruaya 2022 Kategori Perguruan Tinggi”. Kegiatan diselenggarakan oleh Himpunan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dengan tema poster “Mandiri Perikanan- Lestari Perairan” yang telah ditetapkan oleh panitia, Intan mendesain poster dengan menampilkan kearifan pemanfaatan sumber daya perairan dengan memperhatikan potensi berkesinambungan dan kelestarian lingkungan hidup. “Dan kearifan yang aku angkat dalam poster itu adalah “Bapongka” atau tradisi penangkapan ikan laut yang dilakukan oleh orang Bajo”, katanya dalam wawancara dengan Tim Humas.

Intan merasa, mencari ide dan desain dalam pembuatan poster ruaya membutuhkan waktu yang cukup lama. “Terkendalanya saat mencari ide desain, jadi waktu itu aku sudah sempat search dan mempelajari mengenai kearifan di Indonesia dalam pemanfaatan sumber daya perairan dan aku sudah membuat sketsa kasar desain ku, tetapi ketika aku melihat instagram Ruaya 2022 sudah ada peserta lain yang membuat desain dengan kearifan lokal tersebut. Jadi aku mencari kembali kearifan lain yang ingin aku gambarkan dalam poster agar tidak sama dengan peserta lain dan ini cukup memakan waktu”, jelasnya.

Berawal dari ingin mencari pengalaman, mahasiswa Prodi Administrasi Publik justru mendapatkan juara favorit dalam lomba poster IPB. “Selama perlombaan sebenarnya aku tidak berekspektasi apapun, dan tidak menyangka poster yang aku buat bisa mendapatkan juara favorit dalam lomba tersebut. Tetapi saat proses pembuatan poster tersebut yang ada dikepala aku hanya mengusahakan agar poster aku dengan tema yang ditetapkan memiliki kesesuaian dan kesinambungan”, paparnya.

Ia juga berpesan kepada rekan-rekan mahasiswa untuk mulai mengikuti suatu perlombaan karena banyak manfaat selama proses mengikuti perlombaan. “Jangan takut dan ragu untuk mulai mengikuti suatu perlombaan dikarenakan kita tidak tahu apa hasil yang kita dapatkan kedepannya, coba saja terlebih dahulu. Menang dan kalah itu hal biasa dalam perlombaan tetapi dibalik itu semua sebenarnya banyak manfaat serta hal-hal luar biasa yang kita dapatkan dalam proses mengikuti lomba tersebut”, tutupnya. (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!