Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS Peduli Atas Peningkatan Pembelajaran Anak

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS Peduli Atas Peningkatan Pembelajaran Anak

Jakarta (UNAS) – Peningkatan pembelajaran anak menjadi hal yang turut dalam perhatian mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNAS. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM), mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS mengadakan program “Peningkatan Pembelajaran Dasar Kepada Anak-anak”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (30/12/2021) ini, merupakan bagian dari bentuk pelatihan di lapangan secara langsung dalam mata kuliah Public Relations dan Manajemen CSR. Adapun anggota PKM terdiri dari lima mahasiswa yaitu Farhan Chandra O, Novita Sari Ningsih, Bachtiar NR, Alfin Dwi K, dan M. Raffi.

Dosen pembimbing PKM Yayu Sriwartini, S.Sos., M.Si., menyampaikan, “sebagai mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi di kelas saja, tetapi sebaliknya para mahasiswa juga harus berkiprah kepada masyarakat.

Di mana dalam kegiatan ini para mahasiswa harus bisa melakukan pengabdian kepada masyarakat secara langsung melalui sharing tentang ilmu atau keterampilan yang dimilikinya kepada masyarakat dan lingkungan sekitar,” jelas Yayu.

Dilaksanakan secara tatap muka, kegiatan berlangsung di perkampungan tengah Gedong, Kelurahan Condet, Jakarta Timur. Target peserta dengan rentang usia 6-12 tahun yang melibatkan 12 anak.

Koordinator PKM, Farhan, menjelaskan melalui kegiatan ini para peserta bisa lebih aktif belajar untuk mengembangkan potensi di dalam dirinya. “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran agar anak-anak aktif belajar untuk mengembangkan potensi di dalam dirinya,” tutur mahasiswa angkatan 2019 itu.

Pada kegiatan peningkatan pembelajaran anak ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS memfokuskan terhadap pendidikan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan anak-anak. Dengan menuntun dan membantu para peserta yang masih kurang paham dengan pembelajaran di sekolah. Mengingat, pada masa pandemi, para peserta PKM belajar dengan sistem online yang dirasa kurang maksimal serta cenderung membuat anak-anak merasa jenuh.

Baca Juga :   UNAS Lepas 25 Mahasiswa Ikuti Program PMM Batch 4

Ketua RT 4 setempat, Jana, memberikan sambutan hangat saat membuka acara. Masyarakat sekitar turut senang dengan adanya kegiatan PKM ini karena dirasa dapat membantu dan melatih perkembangan anak-anak dalam kegiatan belajar.

Pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi tiga sesi yaitu mengajarkan baca dan menulis, memberikan edukasi bahasa inggris, dan mengenalkan ilmu sains kepada anak-anak. Lalu, untuk membangkitkan keaktifan para peserta, diadakan pula sesi kuis seputar materi yang telah disampaikan.

Sebagai bentuk komitmen para anggota PKM ini, Novita mengatakan bahwa siap untuk membantu kegiatan pembelajaran anak-anak di wilayah perkampungan tengah Gedong, Kelurahan Condet, Jakarta Timur. Apabila masih membutuhkan pendampingan sebagai peran membantu mengasah kemampuan belajar anak-anak di lingkungan. Serta diharapkan melalui program ini dapat menjadi pencapaian yang positif dan baik bagi anak-anak. (*ARS/Tim PKM)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!