Mahasiswa Ilmu Komunikasi Sosialisasikan Penggunaan Media Sosial Kepada Remaja Yayasan Rumah Ramah Sejahtera

Jakarta (Unas) – Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional (Unas) lakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada anak-anak remaja Yayasan Rumah Ramah Sejahtera. Kegiatan ini berupa webinar yang bertajuk “Sosialisasi Penggunaan Media Sosial yang Baik dan Benar”, pada Sabtu, (9/01).

Dibimbing oleh dosen pengampu Yayu Sriwartini, S.Sos., M.Si., kegiatan PKM ini ditujukan guna memenuhi mata kuliah PR dan manajemen CSR dan memenuhi tugas akhir ujian akhir semester.

Dalam webinar terebut, Yayu mengatakan, para mahasiswa memberikan pengenalan mengenai media sosial dan dampaknya, baik dampak positif maupun negatif. “Kami juga memberikan gambaran mengenai dunia media sosial kepada anak remaja dan mensosialisasikannya,” jelas Yayu.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pengurus Yayasan yang sudah memberikan wadah dan kesempatan kepada mahasiswa, untuk melakukan  sosialisasi kepada remaja Yayasan.

Salah satu pembawa materi dalam kegiatan PKM, Rizky Alditya, sosialisasi ini juga dilakukan mengingat banyaknya tindak kejahatan yang dilakukan melalui media sosial. Selain itu, juga banyaknya masyarakat yang mejadi ketergantungan terhadap media sosial.

“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membentuk jati diri anak-anak dari medai sosial, sehingga nanti tidak terjerumus dalam dampak negatif penggunaan media sosial. Jadi dapat menggunakannya dengan bijak,” tutur Rizky.

Mengutip dari Harian Kompas, penggunaan sosial media pun saat ini setara dengan 124 persen dari total populasi dari  semua kalangan dari anak kecil hingga orang tua.  Disamping itu, salah satu dampak negatif dari penggunaan media sosial, yakni sulitnya bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, juga menjadikan seseorang malas dalam berkomunikasi di dunia nyata.

Salah satu peserta dari PKM tersebut, Pipit mengatakan, sosialisasi media sosial merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat mengingat kegiatan tersebut diikuti oleh remaja tingkat sekolah yang sedang aktif dalam menggunakan media sosial.

“Terima kasih kepada kakak Mahasiswa yang sudah memberikan ilmu yang bermanfaat, semoga dapat bertemu lain waktu ke Yayasan Rumah Ramah Sejahtera,” katanya. Di samping itu, salah satu pengurus Yayasan pun menambahkan bahwa mereka merasa bersyukur dengan adanya sosialisasi ini, dan sudah merangkul anak-anak Yayasan “Terima kasih ya nak sudah mau merangkul anak-anak Yayasan dan memberikan mereka ilmu, semoga ilmunya bermanfaat bagi kita semua,” tutupnya.