Lewat Pengabdian Pada Masyarakat, Dosen FTKI Bangun Website dan E- Commerce Wisata Setu Babakan

Jakarta (UNAS) – Dosen Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) melakukan pengabdian kepada masyarakat di kampung Setu Babakan pada Jumat-Minggu (26-28/4). Dalam kegiatan ini, para dosen dan mahasiswa berupaya membangun website dan e-commerce terkait dengan wisata khas Setu Babakan guna mempromosikan wisata Setu Babakan sekaligus mengenalkan budaya tradisional betawi kepada masyarakat luas.

“Saat ini belum ada website khusus yang menampilkan profil dari wisata Setu Babakan, sehingga kami tim pengabdian masyarakat mencoba untuk merancang profil sekaligus e-commerce dari Wisata Setu Babakan. Hal ini ditujukkan agar masyarkat Indonesia dan masyarkat mancanegara mengetahui akan keberadaan wisata Setu Babakan dan budaya betawi,” kata Ketua Program Studi Teknik Informatika Nurhayati, S.Si., MTI.

Menurut Nurhayati, keberadaan perkampungan Setu Babakan sebagai tempat wisata belum banyak diketahui oleh masyarakat luar bahkan masyarakat yang tinggal tidak jauh dari lokasi Setu Babakan dan sekitarnya. Hal tersebut, disebabkan belum adanya website yang memperkenalkan wisata Setu Babakan secara lengkap.

“Belum ada website khusus yang menampilkan profil dari wisata Setu Babakan, sehingga belum banyak masyarakat yang mengetahui Setu Babakan. Mereka hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut saja. Proses promosi seperti ini yang mengakibatkan wisata setu babakan ini sepi akan pengunjung dan sebagian besar pengunjung adalah orang yang sudah seringkali mendatangi tempat wisata ini,” pungkas Nurhayati, S.Si., MTI. yang juga Ketua Pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pembuatan website dan e-commerce dilakukan oleh masyarakat sekitar Setu Babakan dan pengelola wisata kampung Setu Babakan dibantu oleh tim pengabdian pada masyarakat. Proses tersebut dilakukan hingga pada penggunaan dan proses maintenance. Dan nantinya, website tersebut berisi tentang sejarah, suasana maupun kondisi dari tempat Wisata Setu Babakan. Sedangkan, e-commerce akan diperuntukkan untuk masyarakat yang berdagang di Setu Babakan agar pendapatan dari masyarakat di lingkungan tersebut dapat mengalami peningkatan dengan memperluas marketing melalui jaringan e-commerce.

Baca Juga :   Webinar Unas TV Ajak Calon Jurnalis Siap Hadapi Transformasi Era Digital

“Dengan adanya website dan e-commerce diharapkan masyarakat luas dapat mengetahui tentang perkampungan Setu Babakan tidak hanya kulinernya namun juga sejarahnya dan dan perekonomian masyarakay dapat meningkat,” tutup Nurhayati. (*DMS)

 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!