Lembaga Penerbitan UNAS Adakan Workshop Pengelolaan Jurnal OJS 3

Jakarta (UNAS)- Kamis, 22 Februari 2024 Lembaga Penerbitan UNAS mengadakkan Workshop Publikasi Jurnal di Ruang Seminar Lantai 3 UNAS. Publikasi artikel sebagai salah satu output penelitian, selain sebagai penunjang kepangkatan bagi dosen, publikasi juga menjadi point penilain akreditasi. Artikel yang terbit dalam jurnal baik nasional maupun internasional bereputasi menunjukkan kualitas penelitian yang dilakukan.

Menurut Sekertaris Lembaga Penerbitan UNAS Imam Mawardi Sumarsono, AKS., M.Sos., menyampaikan dalam sambutannya kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan dan memberikan ruang kepada peneliti agar terus berkembang. “Di lingkungan UNAS total ada 27 jurnal yang dikelola oleh Fakultas dan LPU, kegiatan ini merupakan rangkaian upaya kita dalam berusaha untuk meningkatkan dan memberikan ruang kepada jurnal agar terus berkembang bagi peneliti, salah satunya yaitu platform OJS 2 yang sekarang diubah menjadi OJS 3,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa bukan hanya platform saja tetapi banyak hal yang harus dipenuhi selain sistem pengelolaanya juga ketentuan dalam penulisan jurnal. “Semoga dengan kegiatan ini bisa menjadi langkah awal dalam berusaha memperbaiki jurnal publikasi bereputasi,” paparnya.

Hadir sebagai narasumber Dwi Fajar Saputra S.Sos., M.M menjelaskan penerapan penggunaan platform OJS 3 bisa mempermudah peneliti dalam publikasi jurnal. “Sebagai peneliti, setelah melakukan upgrade ojs 3, mendata jurnal saya menjadi lebih mudah terindeks di beberapa database indeks, Antarmuka di jurnal saya menjadi lebih menarik dan proses manajemen penerbitan di jurnal saya menjadi lebih mudah,” ujarnya.

Sementara itu, , Dr. Viktor Vekky Ronald Repi S.T., M.T., sebagai narasumber kedua menginformasikan tentang ketentuan E-Jurnal. “Idealnya sebuah e-jurnal harusnya submit secara daring, review secara daring, Editorial bekerja secara Daring.Jika tidak bisa menyediakan secara daring, dapat juga diproses manual, tetapi dokumennya semua diupload dalam e-jurnal dan jika ada Penulis submit via email, maka dengan dibantu Tim Pengelola dokumen di submitkan secara daring, dan user login password diberitahukan ke Penulis,” pungkas Vekky.

Baca Juga :   Workshop BAN-PT "Strategi Akreditasi Menuju Unggul Program Studi dan Perguruan Tinggi"

Kegiatan Workshop Pengelolaan Jurnal OJS 3 dimoderatori oleh  Sutikman, S.T., M.Kom. (TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!