Lakukan Rapat Tinjauan Manajemen, UNAS Konsisten Tingkatkan Budaya Mutu

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) secara konsisten terus meningkatkan budaya mutunya. Hal tersebut diimplementasikan dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dihelat oleh Badan Penjaminan    Mutu (BPM) UNAS, di Aula Blok I lantai IV UNAS, Jumat, (26/04).

Kepala BPM UNAS, Dr. Muhani., S.E., M.Si.M mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka evaluasi tahunan dan meninjau hasil implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) tahun akademik 2022/2023. “Pertemuan ini diisi dengan pemaparan hasil evaluasi terhadap kesesuaian dan efektifitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu dengan melakukan pembahasan dan diskusi. Hasil dari evaluasi tersebut diharapkan bisa menjadi perbaikan dalam meningkatkan budaya mutu di UNAS,” ujarnya.

Muhani melanjutkan, implementasi SPMI di UNAS mengikuti alur PPEPP yakni diawali dari kegiatan Penetapan Standar, Pelaksanaan Standar, Evaluasi Standar, Pengendalian Standar dan Peningkatan Standar. Melalui tahapan alur SPMI tersebut, UNAS secara terus menerus memperkuat budaya mutu yang tercermin dari pola pikir sikap dan perilaku segenap civitas akademika yang berorientasi kepada mutu.

Wakil Dekan FISIP menerima penghargaan Auditee AMI Terbaik Fakultas yang diberiksan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNAS, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.  

“Implementasikan SPMI di UNAS dilakukan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kegiatan Non Akademik sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi dan standar pendidikan tinggi UNAS,” jelasnya. Dosen FEB UNAS itu menambahkan, RTM ini merupakan kegiatan tahun kedua yang dilakukan oleh BPM, dan akan menjadi agenda rutin yang digelar usai Audit Mutu Internal (AMI). Selama pelaksanaannya, BPM juga telah melakukan inovasi dengan menerapkan pelaksanaan AMI melalui aplikasi berbasis e-AMI yang berkolaborasi dengan Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (BPTSI).

Rektor UNAS Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. juga menuturkan bahwa tercapainya budaya mutu di UNAS merupakan tanggung jawab seluruh civitas akademika. Ia menuturkan bahwa AMI merupakan bentuk pengembangan UNAS dari tahun ke tahun untuk meningkatkan budaya mutunya. “Dalam upaya tersebut, UNAS telah melaksanakan standar mutu yang sudah ditetapkan secara nyata oleh pemerintah. Hal tersebut juga dapat mendorong terciptanya iklim akademik yang kondusif serta menumbuhkan kinerja terbaik disetiap unit,” ucapnya dalam sambutan. Rektor berharap, upaya meningkatkan dan membangun budaya mutu tersebut juga bisa  membantu mewujudkan visi UNAS dengan masuk ke dalam 10 peringkat Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia pada tahun 2025.

Baca Juga :   Seminar Nasional Program Studi Hubungan Internasional “The G20 In Bali: Peace Building, Stop War And Strengthen Global Cooperation”
Wakil Dekan FEB menerima penghargaan Monev Terbaik Fakultas yang diberikan oleh Rektor UNAS Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A.

Sementara itu, dalam kegiatan ini UNAS turut memberikan apresiasi kepada setiap unit baik di lingkungan program studi, fakultas, badan, biro, UPT, kantor dan lembaga atas kinerja terbaiknya yang bertajuk SPMI Award. Terdapat 12 kategori SPMI Award yakni (1) Auditee AMI Terbaik Fakultas yang diraih oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), (2) Auditee Program Studi Terbaik yang diraih oleh Magister Biologi sebagai juara pertama, Ilmu Komunikasi sebagai juara kedua, dan Pendidikan Profesi Ners sebagai juara ketiga.

Kategori selanjutnya ialah (3) Auditee Lembaga/Badan/Biro/UPT terbaik yang diraih oleh Biro Administrasi Umum sebagai juara pertama dan LPPM sebagai juara kedua. (4) Auditor Terbaik yang diraih oleh tim auditor 6 yakni Ir. Endah Tri Esthi H, MMSI dan Risza Choirunisa, S.Si., M.KM. (5) Auditor Rekomendasi Terbaik yang diraih oleh tim auditor 8 yakni Melati, S.E., M.M dan Vivitri Endah Andriani, S.I.Kom., M.I.Kom.

Dilanjutkan dengan pengumuman kategori (6) Monev Terbaik Fakultas yang diraih oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), (7) Monev Program Studi Terbaik yang diraih oleh Pendidikan Profesi Ners sebagai juara pertama, Pendidikan Profesi Bidan sebagai juara kedua, dan Fisika sebagai juara ketiga. Terdapat pula kategori  (8) Monev Terbaik Lembaga/Badan/Biro/UPT Terbaik yang diraih oleh UPT Marketing and Public Relations (MPR) sebagai juara pertama dan Perpustakaan sebagai juara kedua.

Adapun pada kategori (9) UPM Terbaik Fakultas diraih oleh tim UPM Fakultas Teknik dan Sains (FTS), (10) UPM Terbaik Lembaga/Badan/Biro/UPT Terbaik diraih oleh tim UPM Biro Kemahasiswaan. Selain itu, terdapat juga kategori (11) Website Terbaik Fakultas yang diraih oleh Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) sebagai juara pertama, FISIP sebagai juara kedua, dan FEB sebagai juara ketiga. Sementara (12) Website Terbaik Lembaga/Badan/Biro/UPT Terbaik diraih oleh UPT MPR sebagai juara pertama, BAU sebagai juara kedua, dan Biro PPM sebagai juara ketiga.

Baca Juga :   FTKI Optimis Cetak Wirausahawan Muda di Bidang Digital Startup

“Semoga SPMI Award ini bisa menjadi bentuk apresiasi terbaik atas kerja keras dari setiap unit dan sekaligus penyemangat agar bisa terus membangun dan meningkatkan budaya mutu di lingkungan UNAS,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNAS, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!