Lagi, UNAS Kirimkan Mahasiswa Untuk Minkan Taishi di Jepang

Jakarta (UNAS) – Sudah lebih dari sepuluh tahun, Universitas Nasional bekerjasama dengan sekolah – sekolah di Jepang . Kali ini Unas mengirim delegasi untuk mewakili Indonesia guna memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak Sekolah Dasar di Jepang. Dua mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Nasional  bertandang ke Jepang untuk mewakili UNAS dalam program Duta Sipil atau Minkan Taishi.

Yaitu Rizki Difari dan Indah Mutiara. Mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Sastra jurusan Sastra Jepang yang berkesempatan mengunjungi negeri matahari terbit tersebut selama sembilan hari yang didampingi  oleh Wakil Dekan Bahasa dan Sastra Universitas Nasional Dra.Ucu Fadhilah, M.Hum.

Dalam wawancara, Rizki menjelaskan mengenai progam yang ia ikuti selama berada di Jepang. “Disana kami presentasi mengenai Indonesia kepada anak-anak Sekolah Dasar di Jepang,” jelasnya. Selain mengenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak sekolah dasar di Jepang, Ia juga berkesempatan merasakan tinggal dengan warga Jepang. “saya dan rekan saya Indah Mutiara juga mendapatkan kesempatan untuk tinggal dirumah mereka atau homestay selama 3 hari 2 malam,”paparnya.

Minkan Taishi merupakan program pertukaran budaya Indonesia-Jepang yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia khususnya mahasiswa UNAS  kepada beberapa pelajar di Jepang. Proses pertukaran ini bisa melalui presentasi budaya Indonesia. Sebelum berangkat ke Jepang, delegasi tersebut akan mengikuti training terlebih dahulu selama 6 bulan dan mempersiapkan naskah presentasi yang akan ditampilkan. Ini merupakan  program gratis yang telah berjalan selama lebih dari 10 tahun lamanya di UNAS.

Rizki juga bercerita selama di Jepang, selain bisa berkunjung ke Tokyo dan kota Shimda ia juga banyak belajar tentang kebudayaan Jepang. “Di Jepangnya saya di Tokyo dan kota Shimda, disana saya juga banyak belajar tantang budaya Jepang, saya juga berterimakasih kepada guru dan teman-teman Jepang yang banyak membantu kami,” ungkap Rizki. Progam Minkan Taishi  tahuh ini dilakasanakan pada  4 Oktober dan berakhir pada 4 November 2019 “(*TIN)