KSPM Unas Adakan Kunjungan Ke Dewan Ketahanan Nasional

Jakarta (UNAS) – KSPM FEB UNAS adakan kunjungan ke Dewan Ketahanan Nasional RI. Kunjungan disambut hangat oleh Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) RI Laksdya TNI Dadi Hartanto di ruang Wawasan Nusantara II, Lantai V, Kantor Setjen Wantannas, Jl. Medan Merdeka Barat No.15 Jakarta Pusat, Rabu (20/9).

Dalam sambutannya, Sesjen Dadi Hartanto ucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa Universitas Nasional di kantor Setjen Wantannas. “Suatu kebanggaan bagi kami untuk menerima kedatangan para mahasiswa, putra dan putri Indonesia atau lebih tepatnya adalah bagian dari generasi muda penerus bangsa, sebagian besar Gen Z,” ujar Sesjen.

Ia melanjutkan, Sesjen mengakui betapa pentingnya bidang ekonomi dan bisnis di seluruh dunia. Sesjen  jelaskan berbagai perang yang terjadi di dunia Internasional saat ini diawali oleh kepentingan ekonomi dan bisnis. “Perang Rusia dan Ukraina karena masalah ekonomi, China di Laut China Selatan termasuk ekonomi SDA diharapkan menjadi ekonomi negara. Inti  semua perang berawal dari ekonomi,” ujarnya

Oleh karena itu, waktu berjalan permasalahan bangsa semakin kompleks, hal ini seiring dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis di tengah kehidupan bangsa Indonesia pada permasalahan demografi dan ekonomi sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan bangsa dan negara, apabila tidak dapat memberdayakan potensi demografi dan mengelola perekonomian yang akan berdampak pada disintegrasi bangsa, ketidakpercayaan  masyarakat terhadap pemerintah, sehingga ketahanan nasional akan melemah.

Lanjutnya “Inilah yang harus dipikirkan oleh para generasi bangsa terutama para mahasiswa di bidang perekonomian. Karena itu maju mundurnya ekonomi bangsa ini ada di pundak para pemuda terutama pada seluruh mahasiswa, gunakan ilmu yang didapat agar bangsa ini maju dan tidak bergantung oleh negara lain,” ujar Sesjen.

Baca Juga :   Pengabdian Masyarakat HIMAPOL UNAS Periode 2022/2023

Dalam kegiatan ini, Setjen Wantannas yang diwakili oleh narasumber Analis Kebijakan Bidang Pengembangan Keuangan dan Moneter, Kedeputian Pengembangan Kolonel Sus Agus Suharto, Analis Kebijakan Bidang Pengembangan Jasa dan Pariwisata, Kedeputian Pengembangan, Kolonel Kav. Rahman, dan Akademisi Universitas Nasional Dr. Sumantri berikan penjelasan mengenai kedudukan, tugas, dan fungsi  Wantannas kepada para mahasiswa. Usai berikan penjelasan dilakukan sesi tanya jawab untuk memperdalam pengetahuan tentang Ketahanan Nasional kepada mahasiswa. Di sesi ini, Mahasiswa memperlihatkan antusiasnya dengan mengajukan berbagai pertanyaan kepada pihak Wantannas.

Lanjut  Adilah Permananingrum Kepala Galeri Investasi KSPM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional mengatakan, tujuan pihaknya lakukan kunjungan ke Setjen Wantannas yaitu untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang Ketahanan Nasional. Selanjutnya yang dilakukan Setjen Wantannas dalam menjaga kestabilan, keamanan, dan ketahanan negara sangat baik. “Saya berharap, mahasiswa dapat menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme dalam menjaga ketahanan dan keamanan negara,” ucap Ibu Adilah.

Kemudian senada dengan yang disampaikan Ibu Adilah, mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Unas sekaligus salah satu anggota KSPM FEB UNAS Karisma mengatakan, kunjungan ke Setjen Wantannas ini diharapkan dapat memenuhi  ilmu ekonomi yang selama ini didapatnya di bangku kuliah. “Tentunya sebagai mahasiswa saya mempelajari bagaimana Wantannas bergerak sebagai perencana untuk mengelola perekonomian Indonesia kedepannya,” ucapnya.

Selanjutnya menurut Ketua KSPM FEB UNAS, Muhammad syakur amarudin “kunjungan kedatangan kami di Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia untuk mendapat pengetahuan dan wawasan mengenai bagaimana ketahanan nasional di era isu global ekonomi, serta menambah ilmu bagi mahasiswa tentang sejarah dewan ketahanan nasional, peran watanas memiliki banyak tugas yang sangat penting bagi pembangunan ekonomi nasional.” ucapnya.

Baca Juga :   Kaprodi Pariwisata Tegaskan Industri Pariwisata Terdampak Penuh Akibat Pandemi Corona

Dalam kesempatan ini, Kepala Galeri Investasi Universitas Nasional, Ibu Adilah Permananingrum dengan Sesjen Wantannas Laksdya TNI Dadi Hartanto bertukar cinderamata sebagai bentuk apresiasi terselenggaranya kegiatan kunjungan belajar ini.

Berita Terbaru
PROMO-SNBT-UTBK-2024-(2)
Pengumuman

PROMO PESERTA UTBK-SNBT 2024

PROMO PESERTA UTBK-SNBT 2024 Pendaftaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 GRATIS BIAYA FORMULIR & BEBAS TES POTENSI AKADEMIK PROMO BERLANGSUNG

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!