Ketua PPI UNAS dan Tuan Guru Bajang Memberi Ceramah Terkait Perubahan Iklim Di Islamic Book Fair

Jakarta- Ketua PPI UNAS, Fachruddin Mangunjaya menceritakan isi karya buku yang telah ditulisnya pada diskusi buku Generasi Terakhir: Aktivisme Dunia Muslim Mencegah Perubahan Iklim dan Kepunahan Lingkungan Hidup pada perhelatan kegiatan Islamic Book Fair pada tanggal 22 September 2023 di Istora Senayan.

Dalam paparannya, Fachruddin menyampaikan bahwa terjadinya fenomena perubahan iklim yang luar biasa disebabkan oleh lifestyle masyarakat.

“Pada dasarnya permasalahan dasar dari buku ini merupakan refleksi perjalanan 20 saya yang melihat fenomena perubahan iklim diawali dari perubahan lifestyle masyarakat yang signifikan.” Imbuhnya.

Fachruddin juga menyampaikan akan ada konferensi Agama Dan Perubahan Iklim Tingkat Asia Tenggara. Konferensi tersebut menjadi semoga tonggak awal umat beragama pada menjaga keseimbangan di dunia, terkhusus pada isu perubahan iklim.

Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi memberikan tanggapan terkait buku tersebut. Beliau menyambut hangat para peserta yang sebagian besar merupakan kalangan anak muda. Dengan sambutan tersebut, beliau menyatakan hal tersebut dapat menjadi awal bagi kebangkitan nasional pada masa Indonesia 2045 mendatang.

Namun beliau menghimbau terkait masalah bumi yang dapat mencegah pencapaian tersebut.

“Indonesia emas 2045 akan dapat terpai, jika buminya masih ada. Terdapat 1 bumi yang menjadi modal bagi umat manusia. Bumi tersebut menjadi tempat umat manusia untuk beribadah. Sehingga bagi anak-anak muda Indonesia, dapat memberikan kontribusi dalam mencapai Indonesia 2045.” Tegasnya.

Dalam tanggapannya, TGB juga menyinggung bahwa Tokoh-tokoh Islam dunia menyuarakan penjagaan dunia demi generasi demi generasi ke depan.

Dengan menyinggung hadist nabi “ibda binafsik”, TGB berpesan berpesan agar anak-anak muda untuk menjaga keaneka ragaman hayati. Anak-anak tersebut menjadi aktor-aktor masa depan umat manusia terkhusus Indonesia.

Baca Juga :   Tingkatkan Jumlah Proposal Lolos Dalam Kedaireka, LPPM Adakan Workshop Matching Fund

Jika kita sembarangan, tahun 2050 banyak saudara kita, Akan kehilangan tempat tinggalnya. Karena daratan dikelam oleh lautan. Makanya, marilah kita menjadi tuntunan bagi umat Islam dalam menjaga lingkungan hidup kita, insya Allah itu adalah bagian dari ibadah kepada Allah SWT” Tambahnya.

Pada sesi tanya jawab, Fachruddin menekankan pada ejawantahan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. “Ketika kita sudah memahami al qur’an, seharusnya kita sudah bisa mengimplementasikan ilmu2 al qur’an. Dalam hal ini kita harus membumikan AQur’an”. Pungkasnya.

Kegiatan diskusi buku ini dihadiri oleh Syekh Ulama dari Al Azhar Mesir, Syekh Hubaeda selaku direktur MHM Dunia, calon mahasiswa dari Pusat Studi Bahasa Arab, kalangan mahasiswa dan santri-santri dari pondok pesantren. Kegiatan Islamic Book Fair ini diselenggarakan di Istora Senayan, pada tanggal 22 – 24 September 2023.

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!