Ketua LLDIKTI Beri Motivasi Wisudawan UNAS

Jakarta (UNAS) – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Dr. Ir. Illah Saillah, M.Si memberi motivasi kepada para wisudawan Universitas Nasional (UNAS). Motivasi tersebut ia sampaikan guna mempersiapkan para wisudawan untuk dapat beradaptasi dengan era revolusi industri 4.0.

“Selamat datang di Industri 4.0 yang harus nya disertai dengan digital literacyhuman literacy, dan technology literacy. Ketiga literacy tersebut akan memberikan penghidupan kepada anda,” ujar Illah. Hal itu disampaikan saat berpidato dihadapan 1076 wisudawan/wisudawati dan majelis guru besar Universitas Nasional (UNAS), di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (11/11). Dengan memasuki era tersebut, para wisudawan dituntut untuk  kreatif dan melahirkan ide-ide  inovatif.

“Sebentar lagi anda akan bertransformasi yang akan melakukan prosesi pemindahan tali toga dari kiri ke kanan oleh Rektor. Itu diartikan bahwa kalian akan menggunakan otak kanan yaitu otak seni, otak kreatifitas yang menghasilkan gagasan-gagasan baru,” tambahnya.

Illah menganalogikan para wisudawan seperti sebuah kepompong yang akan berubah menjadi kupu-kupu dan berterbangan melalang buana ke seluruh penjuru dunia. “Setelah melihat anda tersenyum bahagia, insya Allah anda akan jadi orang yang bermakna untuk indonesia,” kata illah sembari melempar senyuman.

Illah pun meyakini lulusan UNAS mampu bersaing karena UNAS telah memberikan bekal kepada para wisudawan/wisudawati. UNAS telah memberi Hard Skill maupun Soft Skill kepada wisudawan dan Ia berharap agar wisudawan terus belajar.

Dalam pidatonya, illah berpesan agar setiap profesi yang dijalani para lulusan dapat berguna bagi orang lain.“Jadilah pekerja yang bermakna bagi perusahaan dan mendatangkan keuntungan untuk perusahaan anda juga boleh bekerja diluar negeri, mungkin anda memutuskan menjadi pengusaha, jadilah pengusaha yang berpihak kepada kehidupan bangsa Indonesia pengusaha yang handal, pengusaha yang sukses, pengusaha yang jadi tangan diatas karena tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah dan anda akan memberikan kehidupan kepada orang lain,” imbuhnya.

Illah juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua, wali, dan para pendamping wisudawan dan wisudawati yang telah memberi kepercayaan kepada UNAS sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan putra-putri mereka. “Nantikan lima sampai 10 tahun yang akan datang. mereka akan menjadi orang yang sukses di Indonesia dan di Dunia. Insya Allah putra putri kita semua adalah putra putri yang memiliki karakter baik energi positif untuk mewarnai Indonesia yang akan datang,” tutupnya.

Universitas Nasional merupakan salah satu dari 12 Perguruan Tinggi yang meraih akreditasi dengan nilai sangat baik (A), nilai tersebut didapat pada tahun 2017. Hal ini berkat kinerja segenap civitas akademi UNAS. Illah juga mengapresiasi atas ketaatan UNAS terhadap pelaporan yang mencapai 100 persen data di pangkalan data Pendidikan tinggi. Sehingga data tersebut dapat memudahkan para lulusan dan pengguna lulusan. (*DMS)