KETUA DPR RI : PERGURUAN TINGGI BERPERAN STRATEGIS PERBAIKI SISTEM HUKUM INDONESIA

JAKARTA – Perguruan tinggi merupakan tempat menggelorakan semangat kuat untuk mengembangkan jati diri calon pemimpin bangsa dan menimba ilmu pengetahuan. Seperti yang ditegaskan dalam Undang-Undang tentang Pendidikan Tinggi, fungsi dan peran perguruan tinggi sebagai wadah pembelajaran mahasiswa dan masyarakat, wadah pendidikan calon pemimpin bangsa, pusat pengembangan ilmu pengetahuan, pusat kekuatan moral, dan sebagai pusat pengembangan peradaban bangsa.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Bambang Soesatyo mengatakan dengan fungsi dan peran tersebut maka perguruan tinggi di Indonesia merupakan sentra pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, hal inilah yang membuat bangsa Indonesia sangat berharap pada lembaga-lembaga pendidikan tinggi untuk dapat melahirkan generasi yang terampil dan mandiri, karena profil para lulusan tersebut akan menentukan daya saing bangsa dalam menghadapi dinamika persaingan global.

Selain itu, Bambang menambahkan perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam perbaikan sistem hukum di Indonesia. “Tidak ada hal yang lebih urgen lagi untuk dilakukan demi terwujudnya hukum yang berkeadilan selain dari pada pembenahan sistem hukum dari mulai hulu sampai hilir, pembenahan dari hulu dapat dilakukan melalui pendidikan tinggi,” ujarnya dalam orasi ilmiah yang disampaikan pada wisuda Universitas Nasional Periode I Tahun Akademik 2017/2018, di Jakarta Convention Center, Minggu (4/3).

Pria kelahiran Jakarta, 10 September 1962 itu menambahkan, untuk pembenahan di hilir, berkaitan dengan peranan para penegak hukum tempat masyarakat menggantungkan harapan akan keadilan. Sarjana-sarjana hukum yang akan menjadi praktizijins juristen (hakim, jaksa, dan pengacara) dan diharapkan mampu menjalankan tugas demi terwujudnya keadilan di masyarakat.

Dalam kaitan ini, pendidikan tinggi hukum memiliki peran yang sangat besar untuk menghasilkan sarjana-sarjana hukum yang memiliki moral serta pemahaman yang memadai tentang hukum yang berkeadilan. “Meninjau peranan perguruan tinggi saat ini merupakan sebuah keharusan. Potensi wisudawan dan wisudawati khususnya UNAS sangat besar dalam membangun hukum nasional sesuai dengan cita hukum yang berkeadilan,” tegasnya.

Baca Juga :   MoA FBS dengan Passion Japan, Tawarkan Magang Ke Jepang Bagi Mahasiswa

Senada dengan hal tersebut, Rektor Universitas Nasional, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A, mengungkapkan perguruan tinggi turut berperan penting untuk membuat hukum menjadi efektif dalam masyarakat.

‘’Perlu komunikasi hukum yang dijalankan dengan baik agar masyarakat memahami hukum yang ada. Sarana penyampaian isi suatu peraturan hukum harus memadai agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses mobilisasi hukum,’’ ungkapnya dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, lanjut El Amry, keefektifan hukum juga dapat dicapai dengan cara menanamkan nilai-nilai baru melalui proses pelembagaan agar dapat menjadi pola tingkah laku baru dalam rangka pembentukan kesadaran hukum masyarakat.  ‘’Kiranya dapat dipahami bahwa usaha untuk menanamkan budaya hukum yang baru dapat tercapai jika proses pelembagaannya telah dilakukan secara baik dan sungguh-sungguh demi terciptanya kesadaran hukum masyarakat,’’ paparnya.

Dalam peranannya menciptakan sumber daya manusia yang handal berkualitas dan profesional serta berintegritas, lanjutnya, perguruan tinggi harsus berperan aktif dalam melakukan penelitian dan kajian terhadap kebijakan  negara sehingga dapat memberikan masukan pada lembaga yang berwenang terutama dalam aturan hukum agar tidak terjadi tumpang tindih baik itu pada produk hukum maupun kewenangan dalam penegakan hukum.

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!