Kerjasama Program Magister dan Doktor FBS UNAS dengan Universitas Hasanuddin

JAKARTA – Kerjasama antar sesama institusi pendidikan kini menjadi hal yang penting mengingat semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dalam dunia global. Lembaga pendidikan pun saling bersinergi guna memperluas jaringan dan  melahirkan terobosan – terobosan baru demi kemajuan institusi yang bersangkutan.

Mengikuti perkembangan tersebut, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional (UNAS) melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement(MoA) dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat (27/04). Keduanya menyepakati kerjasama mengenai Program Magister (S-2) dan Program Doktor (S-3).

Ruang lingkup kerjasama yang dilakukan keduanya terdiri atas kerjasama di bidang linguistik, sastra, dan budaya, yang terdiri dari Pertukaran Pengajar dan Promotor, Penelitian, dan Publikasi bersama Jurnal. Program tersebut merupakan program pendidikan lanjut bagi dosen FBS UNAS dan Program S-2 dan S-3 Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya UNHAS yang akan dilaksanakan mulai tahun akademik 2018/2019.

“Dengan adanya MoA ini merupakan bukti nyata bahwa FBS UNAS dapat meningkatkan kualitas pendidikan dalam era global. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas lulusan yang akan berdampak terhadap animo masyarakat untuk studi di FBS UNAS,” ujar Dekan FBS, Drs Somadi, M.Pd.

Ia menambahkan, core keilmuan UNHAS program Doktoral Linguistik dapat mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) FBS. UNHAS juga akan datang ke Jakarta khususnya di gedung sekolah Pascasarjana.

Pelaksanaan perkuliahan  dengan tatap muka akan dilaksanakan dalam bentuk Blocking System di UNHAS, sedangkan bimbingan akan dilaksanakan dalam bentuk diskusi kelompok di UNAS paling banyak 3 kali atau setara 8 kali tatap muka. Selain itu, tugas, pertemuan, dan konsultasi dapat menggunakan teknologi informasi sebagai media komunikasi.

Sementara itu, kuliah umum kepada mahasiswa baru diberikan oleh pimpinan Fakultas Ilmu Budaya, Ketua program Magister dan Doktor Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya UNHAS, yang kemudian akan dilaksanakan di kampus UNAS. Kerjasama ini akan berlaku dalam jangka waktu 4 tahun sejak tanggal ditandatanganinya MoA yang dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan.(*NIS)

Baca Juga :   Seminar Umum Fakultas Ekonomi Kupas Tuntas Probematika Ketenagakerjaan
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!