Kenali Deskripsi Tentang Manusia Melalui Lima Terma Dalam Al-Qur’an

Kenali Deskripsi Tentang Manusia Melalui Lima Terma Dalam Al-Qur’an

Jakarta (Unas) – Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional (Unas) melaksanakan kuliah umum dengan tema “Pembangunan Manusia Global Dalam Perspektif Al-Qur’an” dan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Solusi Problematika Masyarakat Jakarta”. Dalam kuliah umum ini pembicara yang dihadirkan adalah Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta Dr. KH. A. Nur Alam Bakhtiar, MA., dan dalam FGD yaitu Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, PBNU DKI Jakarta Dr. KH. Khalilurrahman, MA., QIA, CRMO.

KH. A. Nur menjelaskan bahwa di dalam Al-Qur’an Allah SWT memperkenalkan makhluk bernama manusia dengan lima terma pokok , yaitu terma al-Basyar,al-Insanal-Insal-Nas, dan Bani Adam. Secara tekstual dari kelima terma itu memiliki makna yang sama, yaitu manusia. Akan tetapi, kata dia, secara spesifik penggunaan dari kelima terma itu, secara implisit memiliki aksentuasi makna dalam konteks yang berbeda.

Pemerhati SDM Global Dr. KH. A. Nur Alam Bakhtiar, MA. saat memaparkan materinya dalam acara Kuliah Umum dan Focus Group Discussion

“Untuk menghindari agar tidak terjadi kerancuan makna kata, sejatinya kita dituntut untuk menyingkap dan memahami dalam konteks apa manusia disebut dengan terma al-Basyaral-Insanal-Ins dan dalam konteks apa pula manusia disebut dengan terma al-Nas dan terma Bani Adam”, jelas KH. A. Nur di Ruang Seminar Selasar Lt. 3 Unas, Senin (3/10).

Ia menambahkan, kelima terma tersebut merupakan satu kesatuan integral yang tidak terpisahkan yang mendeskripsikan manusia secara holistic dan komprehensif. “Memahami manusia dalam konteks lima terma ini menjadi sangat penting untuk dijadikan pijakan sebagai paradigma dalam mendidik dan membangun manusia secara utuh”, katanya.

Sementara itu, KH. Khalilurrahman merelevansikan isi dari kuliah umum dengan keadaan masyarakat di Jakarta. Menurutnya isi dari kuliah umum ini sangat cocok dengan situasi masyarakat di DKI Jakarta mengingat perkembangan di Jakarta hampir sepenuhnya dipengaruhi oleh masyarakat.

Baca Juga :   Lab Bahasa FBS Unas Berikan Pelatihan Multimedia Adobe After Effect kepada Mahasiswa

Namun, perkembangan di Jakarta tidak lepas juga dari masalah-masalah yang terjadi seperti banjir, kemacetan, dan kemiskinan. “Dengan permasalahan yang terjadi itu, kita bisa melihat bagaimana peran dari istilah-istilah yang disampaikan oleh pembicara yaitu al-Basyaral-Insanal-Insal-Nas, dan Bani Adam”, ujarnya.

Oleh karena nya, melalui kuliah umum ini KH. Khalilurrahman mengharapkan peserta dapat memahami dan mengerti istilah-istilah manusia serta deskripsinya masing-masing. Sehingga dapat menyadari posisi manusia sebagai makhluk hidup.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Pascasarjana UNAS Robi Nurhadi, Ph.D., menyambut baik kegiatan kuliah umum dan FGD ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih dalam terkait definisi manusia itu sendiri. (*DMS)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!