Kegiatan Bina Desa, Ajarkan Mahasiswa Pertanian Mengenal Dunia Kerja

Dengan mengacu pada Tri Darma Perguruan Tinggi Universitas Nasional melalui Fakultas Pertanian melakukan Kegiatan “Bina Desa”. Pada kesepatan di awal tahun 2020, Desa Wangunjaya, Kecamatan Ciambar Sukabumi Jawa Barat menjadi desa yang pertama berkesempatan mendapatkan pelatihan dari Mahasiswa Pertanian Universitas Nasional.

“ Inilah yang menjadi Universitas sebenarnya di mana kalian semua menerapkan Ilmu kepada masyakat secara langsung, inilah kesempatan yang baik untuk para Mahasiswa Pertanian semua untuk melakukan pembinaan langsung kepada masyarakat, jelas  Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr  Selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Nasional.

“Kegiatan Bina Desa ini dilakukan selama 3 hari mulai dari 25 hingga 27 Febuari 2020, segala kegiatan yang dilakukan ini menitik beratkan pada sumberdaya manusia. Seperti membuat pupuk cair, mengolah hasil pisang menjadi nugget, pembuatan tepung singkong dan pemanfaatan jantung pisang,penaman dan pembuatan tanaman dalam polybag, serta konservasi lahan”, ujar Ketua panita Bina Desa Siti Nujanah.

“Kegiatan Bina Desa ini merupakan agenda tahunan yang telah lama di lakukan oleh Fakultas Pertanian, dan salah satu desa yang kami lakukan ini Kepala Desanya merupakan alumni dari Fakultas Pertanian angkat 2003”, tambah Sukartono.

“Kegiatan Bina Desa yang diprakarsai oleh Universitas Nasional Sangat di sambut baik oleh para kader PKK dan kelompok Tani yang ada di Desa Wangunjaya, sebab selama ini memang kita sangat membutuhkan adanya pelatihan dan bimbingan agar masyarakat kami bisa mengembangkan keahliannya dan bisa menaikan pendapatannya,” Ungkap Ipin Aripin, SP selaku Kepala Desa.

Harapan terbesar yang dari kami warga desa, semoga dengan adanya Kegiatan Bina Desa tak hanya sampai disini tapi bisa terjalin tali silahturahmi yang lebih panjang lagi, sehingga kerjasama yang telah dibuat ini bisa terus berjalan.

Inilah bukti nyata terbesar yang diberikan oleh Universitas Nasional kepada masyarakat, sebagai kampus yang selalu menjadi pionir dalam memberikan layanan pendidikan UNAS akan selalu konsen untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. (AAP)