Jadi Kegiatan Wajib, Profesi Ners Adakan Pelatihan BTCLS Sebelum Terjun ke Lapangan

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional menerapkan BTCLS sebagai program pelatihan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa, pada kesempatan kali ini, FIKES menggelar pelatihan untuk mahasiswa Profesi Ners. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut bekerja sama dengan Emergency Medical Training (EMT) 911 Jakarta.

Selama pelatihan yang diadakan secara online dan onsite pada Senin- Rabu (02-04/10), mahasiswa dilatih agar siap menghadapi kondisi kegawatdaruratan yang ada di rumah sakit.

Dalam penutupan kegiatan Ketua Diklat dari EMT 911 Jakarta Ns. Romhat S.Kep., M.Kep menyampaikan bahwa BTCLS merupakan pelatihan dasar yang wajib dimiliki lulusan perawat sebagai bentuk sertifikasi kemampuan. “Kita sudah bekali skill agar mahasiswa siap dalam menghadapi kegawatdaruratan di rumah sakit. Saya harap dengan skill tersebut teman-teman sudah siap ketika berada di lapangan.” Katanya.

Pada akhir kegiatan peserta yang telah melakukan pre-test, pelatihan selanjutnya akan diberi penilaian, serta post-test. Seluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus dan kompeten akan mendapatkan sertifikat BTCLS sebagai salah satu persyaratan untuk dapat bekerja di pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si., mengatakan dengan kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan bisa diimplementasikan dengan baik ilmunya.

“Ketika nanti sudah dilapangan, semoga ilmunya betul-betul diterapkan karena pelatihan ini sangat berguna untuk menolong orang. Sigap dan selalu menjaga nama baik almamater teman-teman belajar”. Ungkapnya.

Ia juga menyampakan pelatihan BTCLS merupakan pelatihan yang menyediakan metode dalam pengalaman kasus dan trauma pada perawat, dimana pengetahuan ini dapat menjadi bekal bagi lulusan untuk menghadapi dunia kerja.

Pada hari terakhir pelatihan yang diadakan di Menara UNAS diisi dengan workshop dan ujian BHD, defibrilasi, ujian intubasi, ujian balut, bidai, evakuasi dan stabilisasi, mega code dan diakhiri dengan post test yang didampingi instruktur dari EMT.

Baca Juga :   UNAS Tambah Guru Besar dalam Bidang Ilmu Administrasi Publik

Kegiatan yang diketuai oleh Ns. Millya Helen, S.Kep., M.Kep.,CWCCA., adalah sebagai bukti kemampuan dan soft skill mahasiswa. Mengingat kompetensinya yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan, sertifikat BTCLS juga menjadi salah satu prasyarat utama penerimaan tenaga kerja perawat hal tersebut menjadikan BTCLS FIKES bukan sekedar pelatihan namun sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa dalam mempersiapkan diri di dunia kerja. (TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!