IT FUN 4.0 beri Workshop Untuk Pecinta Teknologi

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Era 4.0 disebut juga sebagai era peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi,  membuat Himpunan Mahasiswa Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional menyelenggarakan berbagai kegiatan berbasis IT. Seperti Seminar UX, Lomba, Workshop UX, Python, dan Firewall Filtering dalam kegiatan IT FUN 4.0 dengan tema “Era Society 5.0”.  Kegiatan yang dimulai pada Senin, 23 November hingga Rabu, 3 Desember tersebut mengajak mahasiswa UNAS maupun umum untuk memeriahkan IT Fun 4.0 2020 dengan menggunakan Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Nurhayati. S.Si., MTI menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini akan terus diadakan kedepannya sebagai salah satu wadah untuk mahasiswa FTKI maupun umum mendapatkan ilmu dari sumber lain. “Ini merupakan kegiatan tahunan dan akan diselenggarakan terus kedepannya, semangat terus dalam mengikuti kegiatan, acara ini dan ambilah nilai positif yang ada, serta ambil ilmunya, lalu jadikan ilmu yang kalian dapat ini untuk kalian di masa yang akan datang”, papar Pembimbing kegiatan tersebut.

Ketua pelaksana Ika Novianto juga menjelaskan hal serupa bahwa tujuan diadakan kegiatan adalah agar teknologi dan manusia saling membantu dan menguntungkan. “Untuk tujuan kegiatan IT FUN 4.0 tahun ini, saya mengambil dari tema, yaitu era society 5.0, dimana masa sekarang teknologi dan manusia saling membantu dan saling menguntungkan, dari kegiatan ini diharapkan  peserta mahasiswa/i dapat mengimplementasikan dan dapat menjadikan temuan teknologi baru di masa depan yg dapat membantu manusia atau sumber daya manusia,” jelasnya saat diwawancarai via Aplikasi WhatsApp.

Selain ada beberapa kendala dalam menyelenggarakan kegiatan ini, Ika bersyukur acara IT FUN 4.0 bisa terlaksana dengan baik. “Ada beberapa kendala yang kami hadapi selain jaringan yang kadang terputus juga terkait dengan dana, tapi , saya bersyukur walaupun semua rangkaian acara it fun 4.0 tahun ini diselenggarakan secara online, tetapi semua peserta antusias dan membantu kita dapat menyukseskan acara,” terangnya.

Pada kegiatan IT FUN 4.0, salah satu narasumber workshop, Noviandra Prasetio menjelaskan mengenai pentingnya memahami pemrograman Python. “Kita ada dua hari workshop untuk mengerjakan langsung pemrograman Python dan ada tiga materi yang saya berikan yaitu Pendas,Numpy dan Matplotiip. Hari pertama kita coba jalankan dasar-dasarnya dulu kemudian hari kedua kita merefresh materi sebelumnya. Tujuannya adalah saat ini kita kebanjiran data yang bisa olah dan ini merupakan satu wawasan yang bisa berguna banget untuk menjalankan pemrograman Python,” paparnya sebelum memberi materi di Zoom Meeting.

Pada hari berbeda, Narasumber dari IT Network Training Danu wiyoto, S.Kom juga memberikan arahan untuk memperdalam ilmu Mikrotik Firewall untuk melindungi penyebaran data dari Internet. “Digunakan untuk melindungi jaringan lokal dari ancaman luar, misalnya virus atau serangan hacker. Jadi bagi pecinta teknologi memahami Firewall itu adalah wajib ya, untuk melindungi data kalian” ujarnya.

Secara umum, firewall filtering biasanya dilakukan dengan cara mendefinisikan IP addres, baik itu src-address maupun dst-address. Firewall tidak hanya digunakan untuk melakukan blok client agar tidak dapat mengakses resource tertentu, namun juga digunakan untuk melindungi jaringan local dari ancaman luar, misalnya virus atau serangan hacker. Biasanya serangan dari internet ini dilakukan dari banyak IP sehingga akan sulit bagi kita untuk melakukan perlindungan hanya dengan berdasarkan IP. (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!