HIMASASING Gelar JUSTIFIRE, Ajang Berpikir Kritis Melalui Film dan Kompetisi Essai

HIMASASING Gelar JUSTIFIRE

Jakarta (Unas) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris (HIMASASING) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional (Unas) menggelar JUSTIFIRE, sebuah ajang berpikir kritis melalui film dan kompetisi essai. 

Ketua pelaksana kegiatan, M. Daffa Rianto mengatakan, kegiatan ini diisi dengan  movie screening film ‘Winter on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom’ yang menjadi topik utama dalam JUSTIFIRE, serta dilanjutkan dengan essay competition. 

“Belajar berpikir kritis dapat dilakukan melalui banyak media, termasuk film. Kami ingin film tersebut menjadi sarana seluruh peserta untuk ikut berpikir kritis mengenai fenomena yang terjadi dalam film, dan dapat menyalurkan idenya melalui essai yang dilombakan,” ujar Daffa dalam keterangan tertulisnya. 

Ia menambahkan, film ‘Winter on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom’ menceritakan tentang para pelajar yang bergerak mencari keadilan pada pemerintahan Ukraina akan masa depan negara mereka sendiri. 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan kompetisi essai yang dinilai langsung oleh dosen Sastra Inggris Unas, yakni Nor Islafatun, S.S., M.Hum., dan Tri Rahayu Mayasari, S.S., M.Hum. 

“Saya cukup senang dengan diadakannya JUSTIFIRE ini, karena dapat menjadi ajang penyampaian aspirasi bagi para mahasiswa mengenai fenomena yang tengah terjadi. Kegiatan ini tidak hanya dikemas menjadi lomba biasa, tetapi juga diadakan penayangan film yang disaksikan secara bersama,” ucap Nor. 

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi semua partisipan yang terlibat. “Semoga mahasiswa bisa semakin terasah dalam berpikir kristis karena generasi muda merupakan penggerak masa depan bangsa,” pungkasnya. 

Sementara itu, di akhir kegiatan, panitia mengumumkan 3 nama sebagai penulis essai terbaik. Adapun juara 1 diraih oleh Sofia Aila dari SMAN 34 Jakarta dengan nilai 479, juara 2 diraih oleh Dipa Oryza Ananta dari Universitas Indonesia dengan nilai 477,5, serta juara 3 diraih oleh Machellda Shevyana Handa dari Universitas Pancasila dengan nilai 459,5. 

Baca Juga :   Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika UNAS Launchingkan Virtual FTKI Expo 2021

Acara yang telah berlangsung selama 2 minggu ini dibuka dengan penayangan film yang bertempat di Ruang Teater Unas pada tanggal 18 Juni 2022, kemudian dilanjutkan dengan masa perlombaan essai secara online dari tanggal 19 – 30 Juni 2022. 

Kompetisi nasional ini tidak hanya diikuti oleh Civitas Akademika Unas, melainkan juga dari beberapa sekolah dan perguruan tinggi diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Pancasila, dan lainnya.(Himasasing/NIS)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!