HIMAPAR Lakukan Pengembangan dan Pengelolaan Sektor Pariwisata di Desa Kalikidang

Jakarta (UNAS) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pariwisata (HIMAPAR) Universitas Nasional (Unas) melangsungkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Kalikidang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, pada 23 s.d 25 Januari 2023. Kegiatan ini mengusung tema ‘Pengembangan dan Pengelolaan Sektor Pariwisata di Desa Kalikidang’.

 Dalam sambutannya, Dosen FEB Unas, Dr. Bambang Subianto S.E., M.Ak., CPA mengatakan bahwa dengan adanya PKM ini diharapkan bisa menciptakan perubahan bagi desa mengenai pengembangan UMKM, mewujudkan pembangunan BUMDES, serta pengembangan potensi wisata di Desa Kalikidang.

Kegiatan ini diawali dengan mengunjungi Tambak Ulam Sari yang merupakan salah satu potensi wisata dan usaha , “desa ini dapat dimanfaatkan sebagai potensi wisata edukasi bagi masyarakat umum . Tambak ikan ini juga merupakan salah satu faktor penghasilan bagi masayarakat kami,” ujar Agus selaku perangkat desa. Ia menambahkan, hamparan lokasi yang luas juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mengembangkan potensi sumber daya.

Pada hari selanjutnya, para dosen dan mahasiswa melakukan survei ke Bukit Cinta dan Kalipasung sebagai potensi wisata kedua. Kedua tempat ini menawarkan pemandangan yang indah dan asri dikarenakan berada di bukit, sehingga dapat menjadi salah satu spot foto bagi wisatawan.

Sementara itu, di hari terakhir, dilakukan pemaparan materi yang disampaikan oleh para dosen Program Studi Pariwisata yakni Rizki Nurul Nugraha SST., Par., MM., Par, dan Liliana Dewi SS., MM., Par., serta mahasiswa, Aushaf Hisyam. Presentasi ini membahas mengenai pengembangan dan pengelolaan sektor pariwisata di Desa Kalikidang. Turut hadir dalam sesi ini pemuda-pemudi , masyarakat , dan diakhiri dengan sesi diskusi serta penyerahan cenderamata untuk Desa Kalikidang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Pariwisata Unas, Gagih Pradini  S.Par., MM., Sekretaris Program Studi Pariwisata Anisa Putri Kusumaningrum SST.Par., MM, serta dosen Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen. (AN/NIS)

Baca Juga :   Harumkan Nama UNAS, Suherman Raih Medali Emas dalam Ajang Pencak Silat
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!