HIMAJEM Beri Pelatihan Pembuatan Akun Dagang di Sosial Media di Gadog, Cianjur, Jawa Barat

HIMAJEM Beri Pelatihan Pembuatan Akun Dagang di Sosial Media di Gadog, Cianjur

Gadog (Cianjur) – Himpunan Mahasiswa Manajemen(HIMAJEM)  memberikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan akun dagang UMKM untuk media promosi dan penjualan. Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di desa Gadog, Cianjur pada hari kedua dan hari Ketiga (30-31/8).

Sebanyak 42 Mahasiswa yang di pecah menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok mempresentasikan materi berupa ; Branding, Digital Marketing dan Keuangan.

Seperti yang disampaikan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS Tidarnuraini, Ia bersama kelompoknya mempresentasikan mengenai Branding. “Sebelum memulai bisnis atau sedang menjalani bisnis namun masih belum berkembang sebaiknya ciptakan ciri khas produk kita, bapak ibu harus mencoba beberapa produk serupa untuk bisa mencari produk kita itu ciri khasnya apa”, terangnya dalam memberikan materi.

Situasi saat pelatihan yang dilakukan oleh Himajem Unas di Desa Gadog, Cianjur, Jawa Barat.

Pada sesi kedua kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Putri Adwi bersama kelompoknya memberikan pelatihan berupa digital marketing. Ia dan teman-temannya membantu para pelaku UMKM untuk membuat akun dagang, seperti WhatsApp Business, Tokopedia, Facebook maupun Shopee.

“Nanti bapak ibu bisa mengupload produk-produk jualannya di akun yang sudah dibuat”, kata Putri.

Kegiatan diakhiri dengan materi Keuangan yang dipresentasikan oleh Kunti Lestari dengan memberikan tips dan trik membuat pembukuan. “Mulai sekarang bapak ibu harus memisahkan uang pribadi dan uang jualan, jadi nanti bapak ibu bisa tahu laba rugi dan uang jualannya bisa diputar kembali”, ungkapannya.

Pada penutupan kegiatan Dr. Subur Karyatun, S.E.,M.M., Sekretaris Prodi Manajemen FEB UNAS sekaligus dosen pendamping kegiatan PKM menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa dan peserta umkm.

Beberapa dosen Manajemen FEB ikut dalam pemberian pelatihan oleh HIMAJEM di Desa Gadog, Cianjur, Jawa Barat.

“Saya sangat bersyukur dan berterimakasih disini karena sudah diterima dengan baik, saya juga mengapresiasi mahasiswa yang melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik Semoga ada kebaikan yang bisa diambil pada kegiatan PKM ini”, ucapnya.

Baca Juga :   Coffee Morning "Bincang Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional"

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat HIMAJEM didampingi oleh dosen FEB Dr. Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M, Dr. Molina, SE., M.Si., Ak., CA, dan  Dr. Herry Krisnandi, S.E., M.M.

Dalam kesempatan yang sama, Suci Rahma Insani pelaku UMKM merasa terbantu dengan adanya kegiatan PKM oleh HIMAJEM. “Saya sangat terbantu dengan adanya kegiatan dari mahasiswa UNAS, yang tadinya kita hanya jualan lewat mulut ke mulut sekarang kita jadi tahu bagaimana cara untuk berjualan online karena sebenarnya produk kita sudah banyak tapi terkendala pemasaran. Semoga nanti kedepan UNAS bisa datang kesini lagi untuk membantu UMKM yang ada di desa Gadog”,pungkasnya.

Pada hari terakhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat diisi dengan games dan pengenalan produk- produk UMKM desa Gadog, Cianjur. (TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!