HIMABIO Kenalkan Prodi dan Ekstrakurikuler Kepada Mahasiswa Baru serta Wali

Jakarta (UNAS) – Mengenyam bangku kuliah merupakan sebuah kebanggan bagi semua orang, namun tantangan yang dihadapi bukan lah perkara mudah, sebab segala bentuk pembelajaran pasti berbeda dengan masalah sekolah. Memasuki dunia perguruan tinggi merupakan suatu perubahan besar pada hidup seseorang. Perubahan status dari siswa menjadi mahasiswa mengharuskan seseorang untuk beradaptasi dengan budaya baru di perguruan tinggi.

Mahasiswa akan dihadapi dengan sistem pendidikan serta budaya yang berbeda dari lingkungan sekolahnya terdahulu. Sehingga dengan mengenal lingkungan perguruan tinggi diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam proses adaptasi pembelajarannya dalam mengenayap pendidikan  di kampus.

Proses pembelajaran yang berlangsung di perguruan tinggi tidak hanya berupa pembelajaran akademis antara mahasiswa dengan dosen. Namun, mahasiswa dapat memanfaatkan kampus sebagai tempat melatih pola pikir dan keterampilan, serta mengekspresikan ide dan gagasan kreatifnya, serta mengembangkan minat atau bakat yang kemudian akan berguna jika diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu, dalam rangka memperkenalkan Fakultas Biologi Universitas Nasional dan kegiatan ekstrakurikuler kepada mahasiswa baru, Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Nasional (Himabio UNAS) mengadakan Kuliah Umum pada hari Sabtu, 23 Januari 2021.

Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si

Dalam sambutannya di tegaskan Dekan Fakultas Biologi, Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa baru angkatan  2020/2021 beserta para orang tua. Kegiatan kali ini, katanya, merupakan forum perkenalan dan interaksi mahasiswa baru, orang tua dengan dosen. Dengan pendekatan persuasif dan informatif, para orang tua mahasiswa diberikan informasi tentang hal – hal yang menyangkut dengan sistem pendidikan yang ada di fakultas biologi seperti informasi akademik dan informasi kemahasiswaan. 

“Melalui pertemuan ini saya akan menyampaikan gambaran bagaimana sistem pembelajaran di fakultas biologi, penelitian, pengabdian masyarakat dan atmosfer yang terjadi di fakultas biologi,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain pengajaran di perkuliahan, mahasiswa fakultas biologi juga mendapatkan kegiatan-kegiatan diluar perkuliahan rutin. Hal itu, untuk menambah wawasan, keterampilan, dan soft skill serta dipersiapkan untuk dapat berinteraksi dan bisa memiliki jejaring setelah lulus belajar.

Dalam kesempatan itu, Tatang menyampaikan bahwa fakultas biologi memiliki kerjasama dengan berbagai instansi di dalam maupun di luar negeri maupun perguruan Universitas yang ada di luar Negeri. “ Kerjasama ini bertujuan untuk memanfaatkan serta menambah wawasan dan keterampilan keluarga fabiona,” ucapnya.

Dalam kegiatan yang bertemakan “Introducing Future Scientists to the World of Biology” ini juga dikenalkan para tenaga pendidik. Selain itu, juga dikenalkan kegiatan intrakurikuler dan kegiatan Badan Semi Otonom (BSO) yang ada di fakultas biologi.

Acara ini dilakukan secara rutin tiap tahunnya dengan tatap muka. Namun, saat ini pertemuan dilakukan secara online, mengenal masih dalam kondisi pandemi covid-19(*DMS)