Gandeng UniSZA Malaysia, UNAS Perkuat Kerjasama di Bidang Penelitian dan Workshop

JAKARTA – Universitas Nasional (UNAS) jajaki kerjasama dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia. Hal ini dikuatkan dengan berkunjungnya delegasi dan pimpinan UniSZA ke UNAS untuk melakukan Memorandum of Agreement (MoA), pada Selasa, (26/06). 

Kerjasama antar kedua institusi pendidikan ini khususnya dalam bidang penelitian dan workshop mengenai tanaman obat. Penelitian tersebut akan digerakkan oleh kelompok besar peneliti dari dosen UNAS dan UniSZA.

Dalam kesempatan itu, Wakil  Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UNAS, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., A. menekankan bahwa pentingnya kerjasama kedua universitas ini, mengingat hubungan UNAS dan UniSZA telah berlangsung lama dan sudah pernah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) sebelumnya.

“Ini merupakan tindak lanjut dari kedatangan Rektor UniSZA sebelumnya yang pernah melakukan MoU. Semoga untuk kedepannya kita akan kerjasama dengan intensif dan menghasilkan hal yang bermanfaat, mengingat tanaman obat juga menjadi pembahasan  yang spesifik dan diperhatikan di Fakultas Biologi,” ujarnya saat sambutan di Ruang 108 Blok I Basement UNAS.

Sementara itu, Dekan Fakultas Biosumber dan Industri Makanan (FBIM) UniSZA, Prof. Madya Dr. Khamsah Suryati Mohd. mengatakan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan konservasi dan penelitian mengenai tanaman obat. Menurutnya, hal ini merupakan momentum yang baik untuk mengusung kerjasama dengan UNAS mengingat UniSZA juga membutuhkan relasi untuk mengembangkan penelitian.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa segera terealisasi dan dapat memberi keuntungan bagi kami semua. Saya rasa tema penelitian yang akan kami bahas memang bagus mengingat banyaknya manfaat dari tanaman obat yang sekiranya belum diketahui orang. Untuk itu, saya harap setelah ini kami bisa bersama-sama mengembangkan penelitian yang lainnya demi kemajuan institusi bersama,” tuturnya.

Dalam kunjungan itu, delegasi UniSZA terdiri dari Wakil Rektor, Ybhg. Prof. Dato’ Dr. Ahmad Zubaidi A. Latif, Pembantu Wakil Rektor penyelidikan dan inovasi, Prof. Ir. Ts. Dr. R. Badlishah Ahmad, Dekan Fakultas Biosumber dan Industri Makanan (FBIM), Prof. Madya Dr. Khamsah Suryati Mohd, Pembantu Dekan penyelidikan dan pembangunan, Dr. Nadiawati Alias, serta Ketua Pusat Pengajian Sains Pertanian dan Bioteknologi, Dr. Noor Afiza Badaluddin.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNAS, Dr. Retno Widowati, M.Si. Sekretaris Program Studi D-IV Bidan Pendidik UNAS, Dewi Kurniati, SST., M.Keb., Dosen Fakultas Pertanian UNAS, Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si.  serta Dosen Biologi UNAS, Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., Dra. Sri Handayani, M.Si., dan Dr. Harini Nurcahya Mariandayani, M.Si.(*NIS)