FTKI UNAS Jalin Kerjasama dengan Oracle Academy  

JAKARTA – Menyadari pentingnya bagi mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam bidang Information Technology (IT), serta dapat mengembangkan kemampuan bisnis dan teknologi pada abad ke 21, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional (FTKI UNAS) menjalin kerjasama dengan Oracle Academy, pada Agustus 2018 lalu.

Oracle merupakan sebuah institusi pendidikan yang bergerak dibidang perangkat lunak terbesar di dunia dengan produk database dan programming. Berpusat di Redwood City California, Oracle bekerjasama dengan beberapa institusi pendidikan formal maupun non-formal salah satunya UNAS dengan harapan mampu menyediakan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi dan database programming berbasis Oracle.

Ditemui di ruang kerja, Wakil Dekan FTKI UNAS, Irmawati, S.Kom., M.M.S.I. mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama ini, maka sistem perkuliahan di FTKI akan berbasis kelas online dengan menggunakan beberapa materi dari Oracle Academy. Tak hanya itu, sistem perkuliahan juga akan ada kuliah umum dengan metode teleconference sebagai pembelajaran.

“Dengan adanya kerjasama ini akan semakin memudahkan dosen dan mahasiswa untuk mengakses pelajaran yang sudah berstandar dunia. Selain itu juga materi-materi dari Oracle sudah semakin dalam dan mengikuti perkembangan teknologi saat ini sehingga akan menambah wawasan mahasiswa lebih luas lagi,” ujar Irma pada Jumat (16/11)

Program Oracle ini, lanjutnya, akan dimulai pada semester genap mendatang. Sementara Agustus 2018 lalu sudah dilakukan uji kelayakan laboratorium komputer sebagai media utama penerapan Oracle. Nantinya, pihak Oracle Indonesia akan memonitoring pelaksanaan Oracle ini di UNAS tiap semesternya.

Menurut Irma, dengan adanya program Oracle ini akan memudahkan dan kesiapan mahasiswa yang ingin melakukan tugas akhir skripsi khususnya untuk menambah pengetahuan di database, karena Oracle ini akan diimplementasikan khusus bagi mahasiswa semester 6 atau tingkat akhir.

“Oracle ini hanya akan ada disatu mata kuliah masing-masing program studi Sistem Informasi dan Informatika, dengan mata kuliah yang berbeda. Dengan adanya program Oracle ini diharapkan pengetahuan mahasiswa lebih dalam lagi tentang Oracle karena secara teknis disesuaikan dengan teknologi dan industri yang saat ini dibutuhkan,” kata Irma yang menjadi penanggung jawab program Oracle Academy di UNAS.

Ia menambahkan, program kerjasama ini merupakan sebuah langkah FTKI untuk mempersiapkan gaungnya era revolusi industri 4.0, salah satunya yaitu dengan mengikuti perkembangan teknologi yang saat ini sedang berkembang. “Ini juga menjadi sarana kita untuk mendukung infrastruktur yang ada di FTKI dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sehingga FTKI UNAS semakin bergema dan berkembang dalam mengikuti perkembangan IT,” tutupnya.(*NIS)