FTKI Beri Workshop Bersama PT Integrasia Utama Untuk Mahasiswa Akhir

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Workshop FTKI

Jakarta (UNAS) – Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional mengadakan workshop Internet of Things (IoT) untuk mahasiswa tingkat akhir bersama dengan PT Integrasia Utama pada Kamis (8/9) di ruang 403 lantai 4 UNAS secara Hybird. Dengan mengundang narasumber Project Manager PT. Integrasia Utama Djarot Hindarto, S.Kom. M.Kom bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tingkat akhir.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama FTKI dengan PT Integrasia Utama yang bertujuan supaya mahasiswa tingkat akhir yang akan mengambil matakuliah skripsi mendapat pengetahuan dalam bidang IOT”, kata kepala ICT Research Center FTKI Aris Gunayarti, S.Si.,MMSi

Djarot Hindarto, S.Ikom., M.Kom Sedang Memberikan Pelatihan kepada Peserta Workshop di Laboraorium FTKI, Kamis 8/9/2022.
Djarot Hindarto, S.Ikom., M.Kom Sedang Memberikan Pelatihan kepada Peserta Workshop di Laboraorium FTKI, Kamis 8/9/2022.

Kegiatan workshop dengan tema “FUNDAMENTAL DAN WORKSHOP INTERNET OF THINGS (IoT) PADA SMART CAMPUS DI ERA SOCIETY 5.0” diisi dengan materi dan praktek mengenai pemasangan hardware komputer maupun tools lain.

Dalam materinya Djarot Hindarto, S.Kom. M.Kom menyampaikan bahwa Internet of Things (IoT) bukan hanya mengenai pengaplikasian robot tetapi memiliki cakupan yang luas. “Di era society 4.0 sekarang yang kita tahu internet of thing itu cuma ada di robot-robot tapi sebenarnya cakupannya cukup luas, seperti smartphone, teknologi nirkabel, teknologi berbasis sensor, dan penerapan Smart City”, ucap Djarot

Selain memberikan materi, Ia juga memberikan pelatihan berupa penyusunan hardware dan NodeMCU atau platform IoT yang bersifat opensource. NodeMCU telah me-package ESP8266 ke dalam sebuah board yang sudah terintegrasi dengan berbagai feature selayaknya mikrokontroler dan kapasitas ases terhadap wifi dan juga chip komunikasi yang berupa USB to serial. Sehingga dalam pemrograman hanya dibutuhkan kabel data USB.

Djarot juga berpesan kepada mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah skripsi untuk menentukan judul yang dapat dipecahkan. “Ketika teman-teman akan menulis skripsi pastikan skripsimu bisa menyelesaikan masalahmu, jangan sampai skripsimu justru membuat kalian lebih lama lagi”, tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Dr. Septi Andryana, S.Kom, MMSI, Ketua Unit Cyber FTKI Benrachman, B.Sc.,S.kom.,MMSI, Ketua Unit Training dan Sertifikasi Rima Tamara Aldisa, S.Kom.,M.Kom dan Agus Iskandar, S.Kom.,M.Kom. (*TIN)

 

Berita Terbaru
Chat with Us!