FTKI Ajak Mahasiswa berinovasi di Dunia Digital.

Jakarta (UNAS)-  Era digital sekarang ini telah banyak mengantarkan generasi muda bisa cepat meraih kesuksesannya, sekarang ini semua industri telah mengandalkan dunia digital untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar. Dan perangkat digital telah menjadi bagian yang penting, seperti Smart Google Asistent,Artificial Intelligence, Handphone Hologram, dan Smart TV. Dalam merayakan Dies Natalis 70 Tahun Universitas Nasional Fakultas Teknik Informasi dan Komunikasi mengadakan International Conference on Smart Digital Technologies & Seminar Nasional Teknologi Sistem Informasi 2019.

Dengan mengundang beberapa tokoh penting di dunia teknologi seperti. Dr. Suliana Sulaiman, Dosen di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia, Agus Bani Abdillah, M.ENG Software engineer VMWare, Tokyo Japan dan Sigit Prasetyo dari ID Big Data, Konferensi yang mengangkat tema “virtual network communications platform and big data toward smart digital age”. Dalam sambutanya, Dekan FTKI Dr. Ucuk Darusalam, S.T.,M.T mengajak para mahasiswa FTKI untuk siap berinovasi di dunia digital, pada masa kedepan perusahaan startup nantinya akan mempu menguasi market disegala aspek, mulai dari trasportasi, jasa, kesehatan, dan perbankan.

UNAS sebagai institusi perguruan tinggi harus mampu berkontribusi dalam dunia digital, agar setiap para lulusan mampu bersain dan mampu berkarya ditengah masyarakat yang sudah terbiasa dengan dunia digital. Era digital adalah istilah yang digunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer, era digital sendiri sering digunakan untuk menggambarkan teknologi digital.

Penggunaan internet pada sekarang ini tak bisa dipisahkan oleh kebutuhan masyarakat di era digital, sekarang ini semuanya butuh internet, mulai dari komunikasi, bisnis, pembayaran dan banyak lagi.Seperti halnya yang disampaikan oleh Dr. Suliana Sulaiman bahwa harus adanya kolaborasi antara AI (Kecerdasan Buatan ) dan Perguruan Tinggi. “ kolaborasi belajar bersama antara AI (Artificial Intelligence) dan Perguruan Tinggi akan mempersiapkan guru untuk pendidikan yang diberdayakan oleh AI dan mempersiapkan AI untuk memahami pendidikan,” jelas Dosen dari Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia ini.

International conference on Smart Digital Technologies & Seminar Nasional Teknologi Sistem Informasi  atau  iCoSDiT 2019 ini selain memberikan informasi mengenai dunia digital juga merupakan wadah seminar publikasi hasil tugas akhir mahasiswa FTKI pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang sangat baik untuk berbagi pengetahuan dalam Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Ini akan menjadi platform bagi para peneliti dan praktisi dari akademisi maupun industri untuk bertemu dan berbagi hasilnya. Konferensi ini juga terdiri dari tutorial, ceramah, trek khusus, dan sesi poster. (*TIN)