FTKI Adakan Workshop Penulisan Proposal Riset Bidang Informatika dan Komputer

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
FTKI Adakan Workshop Penulisan Proposal Riset Bidang Informatika dan Komputer

Jakarta (Unas) – Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (Unas) mengadakan Workshop Penulisan Proposal Riset Bidang Informatika dan Komputer, secara luring di Ruang Rapat Cyber Library Unas, Kamis (06/10).

Dekan FTKI Unas, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI., memberikan sambutan dalam acara Workshop Penulisan Proposal Riset.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dekan FTKI Unas, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI., mengatakan, workshop ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi dosen di FTKI Unas, serta mendorong para dosen tersebut untuk melanjutkan S3 yang linier dengan program studi.

“Kami dari FTKI memfasilitasi para dosen untuk melakukan bimbingan langsung ketika ingin melanjutkan atau sedang studi program doktoral. Khususnya dalam penulisan proposal riset bidang informatika dan komputer,” ujarnya.

Workshop ini diisi dengan pemaparan materi oleh narasumber yakni Prof. Ir. Teddy Mantoro, M.Sc., Ph.D., SMIEEE., dari Departement of Computer Science, Faculty Science and Technology, Sampoerna University yang juga sebagai Chair of IEEE Computational Intelligence Indonesia Chapter.

Teddy menjelaskan presentasinya yang berjudul ‘Intro to a Writing Winning Int’l Journal Article and Research Proposal’. Dalam paparannya itu, Ia membagi tiga topik yang terdiri dari menentukan area dan ide penelitian, membuat judul dan abstrak yang menarik, serta mengembangkan literature review dan model atau framework.  

Prof. Ir. Teddy Mantoro, M.Sc., Ph.D., SMIEEE., saat memberikan materi workshop.

 

 

 

 

 

 

 

 

“Dalam membuat penulisan tersebut, para dosen juga harus memilih ranah keilmuan atau body of knowledge. Tak hanya itu, juga menentukan center of excellence bidang ilmunya,” papar Teddy.

Ia juga memberikan beberapa contoh judul dan abstrak yang baik dalam penulisan. Menurutnya, terdapat beberapa poin penting yang harus ada dalam penulisan abstrak ialah field establishment, problem, solution, contribution, serta evaluation atau recommendation. “Sementara untuk judul, harus terdapat problem, method, serta result,” pungkasnya.

Kegiatan ini dipandu oleh Dosen FTKI Unas, Benrahman, S.Kom., MMSI. sebagai MC, serta dimoderatori oleh Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI.  Workshop tersebut dihadiri oleh seluruh dosen serta pimpinan fakultas dan program studi.(NIS)

 

Berita Terbaru
Chat with Us!