FISIP Kembali Kukuhkan Calon Wisudawan Melalui Prosesi Yudisium Semester Ganjil 2021/2022

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional (Unas) kembali mengukuhkan calon wisudawan dan wisudawati melalui proses yudisium semester ganjil tahun akademik 2021/2022, pada Kamis (16/06). Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan secara internal sebelum dilangsungkan pemindahan tali toga secara resmi atau prosesi wisuda.

Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si.,
Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si.,

“Yudisium ini merupakan pengukuhan kelulusan seorang mahasiswa yang telah memenuhi syarat kelulusan dari program studi yang ditempuhnya. Kegiatan berbasis budaya ini telah dibangun di lingkungan FISIP Unas sebagai simbol pencapaian kinerja akademik pada jenjang strata-1 dan pelepasan di tingkat fakultas,” ujar Dekan FISIP Unas, Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si., dalam sambutannya.

Ia berharap, seluruh lulusan dapat memetik wawasan selama berkuliah dan bisa menjadi bekal dalam mengembangkan pengetahuan. Selain wawasan dalam bidang yang ditekuni, Erna juga mengimbau kepada para lulusan untuk menguasai kemampuan digital, sehingga mampu berkompetisi di era saat ini.

Ketua Panitia kegiatan, Angga Sulaiman, S.I.P., M.Si. mengatakan, kegiatan ini mengusung tema ‘Alumni FISIP Unas, Spektakuler!’ dengan harapan para alumni dapat menjadi generasi yang mampu beradaptasi serta berinovasi dengan memberikan kebermanfaatan bagi nusa dan bangsa.

“Kami juga berharap para lulusan bisa mengharumkan nama baik almamater FISIP Unas,” tutur Angga. Ia menambahkan, pada periode ini FISIP Unas meluluskan 403 mahasiswa dan sebanyak 90% lulusan mengikuti prosesi yudisium yang dilakukan secara onsite di Auditorium Cyber Library Unas.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., mengatakan, saat ini Unas sedang dalam persiapan untuk menuju reakreditasi dan membutuhkan keikutsertaan alumni sebagai salah satu poin penting dalam penilaian tersebut.

“Dalam akreditasi itu terdapat poin mengenai pengecekan alumni melalui tracer study yang bisa memonitor bagaimana rekam kerja alumni sesuai dengan kemampuannya setelah lulus dari Unas. Karena itu, kami mohon untuk ketersediaannya mengisi tracer study tersebut yang akan sangat membantu Unas,” kata Warek.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembacaan SK Kelulusan oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Akademik Dr. Bhakti Nur Avianto, S.I.P., M.Si., serta pembacaan IPK tertinggi masing-masing program studi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Administrasi Umum Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si.

Adapun lulusan terbaik tersebut diraih oleh Novreal Esa Yubel dari Prodi Hubungan Internasional dengan IPK 3,89, Anisa Widyastuti dari Prodi Administrasi Publik dengan IPK 3,89, Regina Phasya Millenia dari Prodi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,87, Tengku Surya Mihari dari Prodi Ilmu Politik dengan IPK 3,90, dan Putri Hanna Tampubolon dari Prodi Sosiologi dengan IPK 3,76.

Yudisium turut diisi dengan penyampaian kesan dan pesan oleh lulusan terbaik FISIP Unas, Tengku Surya Mihari, sesi talkshow dari alumni Program Studi Administrasi Publik, Kani Dwiharyani, S.IP., serta sesi the incredible journey of study oleh lulusan Program Studi Hubungan Internasional, Sisilia Kubang Kaanubun. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!