FIKES Unas Lantik & Angkat Sumpah 29 Lulusan Profesi Ners dan 52 Lulusan Profesi Bidan

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (Fikes Unas) melaksanakan pelantikan dan angkat sumpah Profesi Ners angkatan V dan Profesi Bidan angkatan III, pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Auditorium Unas. Pelantikan dan angkat sumpah dilakukan kepada 29 Lulusan Profesi Ners dan 52 Lulusan Profesi Bidan.

Acara ini turut dihadiri Dekan Fikes Unas, Dr. Retno Widowati, MSi., Wakil Dekan Fikes Unas Dr. Rukmaini, SST., M.Keb., seluruh dosen struktural di Fikes Unas dan orang tua serta wali para lulusan.

Dekan Fikes Unas Dr. Retno Widowati, M.Si., turut mengucapkan selamat kepada lulusan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di profesi Ners dan Bidan serta meraih prestasi lulus ujian kompetensi Nasional 100%.

Dekan Fikes Unas Dr. Retno Widowati, M.Si., memberikan sambutannya dihadapan para lulusan profesi Ners dan Profesi Bidan Universitas Nasional.

Ia menambahkan, prestasi tersebut adalah buah keras keras para lulusan yang tak pernah menyerah disertai dengan doa. Disamping itu, ada peran para dosen pembimbing yang juga bekerja keras sehingga prestasi tersebut bisa diraih.

Lebih lanjut, Retno menyatakan bahwa acara pelantikan dan angkat sumpah merupakan persembahan yang ditujukan kepada lulusan profesi Ners dan Bidan dimana prosesi ini merupakan kewajiban yang perlu dilaksanakan sebelum mereka bekerja di lahan praktik.

Ia pun berharap, dimanapun para lulusan bekerja agar selalu mengingat sumpah yang diucapkan. “Jangan lupa anda telah mengucapkan sumpah sebagai ners dan bidan, oleh karena itu senantiasalah meresapi hal itu didalam hati,” kata Retno dalam sambutannya pada acara Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Ners angkatan V dan Profesi Bidan angkatan III Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional tahun akademik 2022/2023.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Divisi Hubungan Antar Lembaga DPW PPNI DKI Jakarta Ns. Okta Mustikallah, S.Kep. mengajak para lulusan profesi ners yang telah dilantik dan diangkat sumpahnya untuk menerapkan Bio-Psiko-Sosio-Spiritual ketika memberikan asuhan keperawatan. “Kami mengajak teman-teman sejawat lulusan baru yang telah diangkat sumpah dan dilantik untuk benar-benar membuktikan konsep Bio-Psiko-Sosio-Spiritual dan memberikan asuhan keperawatan bukan saja memberikan obat, memberikan makan, memberikan kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya tetapi memberikan asuhan pada aspek psiko sosial sampai pada psiko pasien itu sendiri,” ujarnya.

Baca Juga :   Angkat Tema ‘Puasa dan Tasawuf’, PPI Unas Adakan Kajian Series Ramadhan Ketiga
Foto bersama dosen dan lulusan dari profesi bidan kelas B, pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Auditorium Unas

Tak lupa Ia juga mengingatkan untuk selalu memegang teguh prinsip-prinsip etik dan profesionalisme, memupuk semangat kualiditas kesejawatan bersama teman kerabat,  dan menciptakan kelompok keilmuan dengan melanjutkan pola belajar yang sudah dimiliki dan terus ditingkatkan serta selalu bersikap sabar, murah hati, jujur dan ikhlas dalam bekerja ataupun melayani pasien

Sementara itu, Sekretaris PD IBI DKI Jakarta Diana Syatri, S.ST. Bdn. M.M.Kes. mengatakan bahwa menjadi seorang bidan diperlukan komitmen yang kuat. Selain itu, profesi bidan memiliki tugas yang mulia dan tidak mengenal lelah.

Diana juga menyatakan bahwa profesi bidan dituntut untuk terus belajar mengikuti perkembangan iptek dan terus meningkatkan kompetensi. Peran seorang bidan juga penting disamping memberikan pelayanan kesehatan, Ia juga sebagai pendamping keluarga dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Sebelum menutup sambutannya, Ia mengucapkan selamat kepada Fikes Unas yang telah berhasil mencetak lulusan bidan yang berkualitas dan kepada para lulusan yang telah selesai menempuh pendidikannya.

Foto bersama dosen dan lulusan dari profesi ners Sabtu, 10 Desember 2022 di Auditorium Unas

“Selamat kepada Fikes Unas yang telah berhasil mencetak lulusan bidan yang berkualitas dan semoga semakin maju dan berkembang dimasa yang akan datang. Selamat untuk para lulusan yang telah sukses menempuh pendidikan. Perjuangan yang panjang telah membuahkan hasil menggembirakan hal ini juga tidak terlepas dari kerja keras dan doa  yang tidak pernah putus,” tutur Diana.

Dalam acara ini, juga dilakukan pembacaan surat keputusan kelulusan oleh masing-masing ketua program studi yaitu Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep. (Profesi Ners) dan Sri Dinengsih, S.Si.T., M.Kes. (Profesi Bidan). Pengambilan sumpah untuk profesi ners dipimpin oleh Ketua Divisi Hubungan Antar Lembaga DPW PPNI DKI Jakarta Ns. Okta Mustikallah, S.Kep. sementara untuk profesi bidan dipimpin oleh Sekretaris PD IBI DKI Jakarta Diana Syatri, S.ST. Bdn. M.M.Kes. semuanya didampingi oleh para rohaniawan dari setiap agama.

Baca Juga :   Tasyakuran Program Studi Hukum Fakultas Hukum atas Perolehan Akreditasi Unggul

Acara ini diakhiri dengan persembahan video lulusan profesi ners dan profesi bidan, persembahan lagu oleh dosen Fikes serta foto bersama. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!