FIKES Gelar Workshop Item Development, Item Review dan Item Bank Administrator

FIKES Gelar Workshop

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) melangsungkan Workshop Item Development, Item Review, dan Item Bank Administrator (IBA), yang dihelat secara luring di Menara Unas, Kamis (04/08). Melalui program studi Keperawatan, kegiatan ini bekerja sama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si., mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dosen dalam menyusun instrumen uji kompetensi. “Guna mempersiapkan hal tersebut, dosen perlu meningkatkan kapasitas mereka dalam menyusun soal dengan kriteria yang baik, mengingat uji kompetensi mahasiswa merupakan salah satu syarat kelulusan,” ujarnya dalam sambutan secara daring.

Hadir sebagai narasumber, Pengurus AIPNI Pusat Dr. I Made Kariasa, S.Kp., M.M., M.Kep., Sp.KMB., PG.Cert., mengatakan, workshop ini difokuskan pada peningkatan kapasitas dosen dalam menyusun soal uji kompetensi yang berkualitas, komprehensif, dan sesuai dengan tingkat kompetensinya.

Dr. I Made Kariasa, S.Kp., M.M., M.Kep., Sp.KMB., PG.Cert.,
Dr. I Made Kariasa, S.Kp., M.M., M.Kep., Sp.KMB., PG.Cert.,saat menjelaskan materi dalam Workshop Item Development, Item Review dan Item Bank Administrator.

“Uji kompetensi merupakan exit exam mahasiswa yang sertifikat kelulusannya menunjukkan telah menyelesaikan program pendidikan khususnya keperawatan. Uji kompetensi juga memberikan gambaran terhadap proses pendidikan di institusi, dapat mengenali aspek kelebihan dan kekurangan di institusi, serta sebagai dasar evaluasi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran,”paparnya.

Made melanjutkan, di sisi lain uji kompetensi bertujuan untuk melindungi masyarakat dengan memberikan jaminan bahwa perawat pada entry-level registered memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk dapat menjalankan praktik profesi secara aman dan efektif.

Dalam presentasinya itu, Ia juga menjelaskan mengenai bagaimana memilih materi uji dalam tatanan kompetensi. “Adapun soal yang baik ialah menggabungkan berbagai data, menggambarkan situasi nyata praktek atau pekerjaan, bukan soal ingatan sederhana, serta bisa menjadi prediktor terhadap kemampuan kinerja,” jelasnya.

Situasi Workshop Item Development, Item Review dan Item Bank Administrator yang digelar oleh FIKES UNAS.

Lulusan Universitas Indonesia itu menambahkan, langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam pengembangan soal ialah membuat blue print atau kisi-kisi, menggunakan tinjauan blue print dalam mengkonstruksikan soal, membuat soal sesuai panduan berupa kasus, pertanyaan, atau pilihan jawaban, serta review soal sendiri.

Baca Juga :   Tim Peradilan Semu FH UNAS Sabet Juara Runner Up 2 dan Peran Terbaik

Tak hanya itu, Made menuturkan bahwa dalam pembuatan soal perlu menghindari informasi yang berlebihan, soal menjebak, terlalu kompleks, serta tidak relevan. “Fokuslah soal-soal pada konsep penting dan kasus-kasus yang sering serta memiliki potensi masalah serius. Setiap soal juga harus menekankan pada pertanyaan pengambilan keputusan klinik,” pungkasnya.(NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!