FBS Selenggarakan Career Day Bersama Dengan Kosaido HR Solution dan Talent Asia

Jakarta (UNAS) – Dilansir dari Fortune Indonesia, Jepang mengalami penyusutan populasi, akibatnya pada tahun 2040 diperkirakan Jepang membutuhkan tenaga pekerja tenaga asing empat kali lipat. Seiring dengan kebutuhan dan perminatan Jepang terhadap pekerja asing,  Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional menyelenggarakan Career Day bekerjasama dengan Kosaido HR Solution dan Talent Asia pada Senin (13/2) di Aula Blok 1 Lt 3 UNAS.

Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd., menyampaikan dalam sambutannya bahwa Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS berkomitmen memberikan dukungan kepada mahasiswa untuk mengasah soft skill maupun hard skill dengan berbagai kegiatan seperti seminar dan pelatihan bersertifikat. “Pada semester ini, Fakultas Bahasa dan Sastra akan meluluskan delapan puluh hingga seratus mahasiswa dari empat prodi yang ada. Selain ilmu yang didapat di kelas, kami juga membekali mahasiswa dengan pelatihan yang berkaitan dengan keterampilan bekerja. Maka dengan begitu mahasiswa yang akan lulus sudah memiliki skill dasar untuk terjun didunia kerja”, paparnya.

Kegiatan Career Day dengan tema “Peluang Belajar dan Bekerja di Jepang” memberikan peluang kepada mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan maupun yang sedang mencari tempat untuk magang.

Sales Marketing dan Project Planning dari Jepang Yukiko Teraoka juga menjelaskan mengenai hal hal yang harus diperhatikan ketika sedang melamar kerja di perusahaan jepang. “Sebagai calon pelamar, sebaiknya dilihat dulu kualifikasinya seperti apa, contohnya seperti engineer harus memiliki kualifikasi lulusan dari pendidikan perguruan tinggi dengan jurusan yang sesuai dengan bidang tesebut”. Katanya.

Ia melanjutkan untuk bekerja di Jepang, calon pelamar yang memiliki sertifikat N2 atau tes kemampuan bahasa Jepang merupakan poin plus dalam mencari pekerjaan . “Minimal dengan membawa sertifikat N2 teman-teman sudah bisa melamar pekerjaan sebagai penerjemah maupun entrepreter”. Tambahnya.

Baca Juga :   Siap Menjawab Tantangan di Era Digital, FEB UNAS Luluskan 298 Mahasiswanya

Dalam kegiatan Career Day, Yukiko Teraoka juga menyebutkan pekerjaan-pekerjaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja asing, seperti ; Koki Restoran, Pekerja Pengolahan Makanan di Pabrik, Pengasuh, Pekerja Hotel dan Cleaning. (TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!