FBP Unas Kenalkan Budaya Akademik Fakultas dan Prodi Kepada Mahasiswa Baru

Jakarta (Unas) – Masih dalam rangka menyambut mahasiswa baru, Fakultas yang ada di Unas juga menggelar pengenalan, tak terkecuali Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP). Acara yang digelar pada Sabtu, (23/9) di Ruang Kelas, Blok 4 Lt. 3 ini, turut memperkenalkan budaya akademik yang ada di Fakultas seperti mengenalkan Prodi Biologi dan Agroteknologi, Kurikulum, Kemahasiswaan, Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), serta kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Wakil Dekan FBP Prof. Dr. Dra. Sri Endarti Rahayu, M.Si. mengatakan kegiatan PLBA bertujuan untuk memperkenalkan sivitas akademika yang ada di lingkungan FBP. Menurutnya, penting bagi mahasiswa baru untuk mengetahui pimpinan Fakultas, Ketua Prodi, dosen hingga dosen pembimbing akademik.

Ia juga menyatakan, didalam kegiatan PLBA Fakultas akan dipaparkan bagaimana keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian sebagai salah satu tugas mahasiswa didalam perguruan tinggi.

Dekan FBP Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. mengatakan PLBA di FBP kali ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pada tahun ini dihadiri oleh mahasiswa baru dari dua prodi yaitu prodi Biologi dan Agroteknologi. Hal ini, kata Tatang, berkaitan dengan telah diintegrasikannya Fakultas Biologi dan Fakultas Pertanian.

Pada kesempatan ini, Dekan FBP juga menjelaskan gambaran umum mengenai FBP dan memperkenalkan para dosen-dosen. Setelah pemaparan oleh Dekan FBP, acara dilanjutkan dengan kuliah umum mengenai Basic Science vs applied science untuk mengangkat potensi keanekaragaman hayati bagi kesejahteraan manusia oleh Dr. Ir. Seca Gandaseca, M.Agr.

Selanjutnya, dilanjutkan oleh Drs. Bambang Warsono, M.Si.M. yang menyampaikan motivator kepada mahasiswa baru dengan judul ‘How to get Butterfly?’. Sesi selanjutnya dijelaskan mengenai SKPI dan kemahasiswaan yang disampaikan oleh Wakil Dekan FBP Prof. Dr. Dra. Sri Endarti Rahayu, M.Si.

Baca Juga :   UPT IWM Berkolaborasi dengan MULA Indonesia Ajak Mahasiswa Berwirausaha di Era Digital

Acara selanjutnya yaitu, perkenalan kurikulum dari prodi masing-masing serta penjelasan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat pada Prodi Biologi dan Prodi Agroteknologi.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa baru juga diajak untuk mengunjungi laboratorium Prodi Biologi dan Prodi Agroteknologi di kampus Bambu Kuning.

Selain itu, juga dikenalkan tentang Himpunan Mahasiswa (Hima) dari prodi Biologi dan prodi Agroteknologi serta BSO seperti Forum Studi Primata “Lutung” (FSP), Marine Conservation Club (MCC), Kelompok Studi Penyu Laut “Chelonia (KSPL), Kelompok Studi Ekologi Perairan (KSEP), Biological Bird Club “Ardea (BBC), Kelompok Studi Herpetologi “Sahul” (KSH) dan Bioindustry Innovation Club (BIC). (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!