Fakultas Hukum Unas Luluskan 67 Sarjana Hukum

Jakarta (Unas) – Fakultas Hukum Universitas Nasional (FH Unas) kembali melepas lulusannya pada Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 ini. Sebanyak 67 mahasiswa mengikuti prosesi pelepasan pada Jumat, 4 November 2022, di Aula Blok 1 Lt. IV.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Dekan FH Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., Wakil Dekan FH Dr. Mustakim,S.H., M.H., Ketua Program Studi Ilmu Hukum Masidin, S.H., M.H., dan segenap dosen dilingkungan FH Unas.

Rangkaian acara dimulai dengan penyampaian do’a oleh Dosen FH Mahruf, S.H., M.H., yang dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Unas serta persembahan tarian tradisional.

Selanjutnya, penyampaian sambutan oleh Dekan Fakultas Hukum Unas Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., dan Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., kemudian dilanjutkan dengan pembacaan lulusan terbaik oleh Ketua Program Studi Ilmu Hukum Unas Masidin, S.H., M.H., dan penyerahan sertifikat lulusan terbaik serta foto bersama pimpinan fakultas, narasumber, dosen, lulusan terbaik dan peserta.

Dekan Fakultas Hukum Unas Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., saat memberikan sambutan di acara Yudisium FH UNAS

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Unas Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., mengatakan pada semester ini FH telah meluluskan 67 mahasiswa dari kelas karyawan 21 mahasiswa dan kelas reguler 46 mahasiswa. Ia juga mengatakan bahwa kelulusan adalah tanda dari akhir proses pembelajaran diprogram strata 1 FH Unas dan mendapatkan gelar sarjana hukum. Namun menurutnya, kelulusan juga awal dari perjalanan pembelajaran memasuki dunia praktik dikehidupan nyata.

Ia menambahkan, pada saat bekerja nantinya ilmu yang diperoleh lulusan selama pembelajaran di fakultas hukum akan dihadapkan dengan praktik hukum yang nyata. “Entah nanti anda memilih profesi sebagai advokat sebagai jaksa sebagai hakim sebagai notaris sebagai polisi sebagai banker sebagai pegawai pemerintah atau apapun juga atau di dunia usaha maka ilmu dan pengalaman yang anda peroleh selama pembelajaran di kampus kiranya dapat digunakan secara nyata”, katanya.

Baca Juga :   UNAS - LSP Informatika Kerjasama Uji Kompetensi Lulusan FTKI

Ia pun berpesan agar lulusan dapat menjaga nama baik kampus dimanapun lulusan berkarir dan tetap menjaga silaturahim dengan para dosen di FH Unas.

“Karena bagaimanapun juga keberhasilan anda dalam menyelesaikan pendidikan tidak lepas dari bimbingan dan arahan para dosen atau para guru-guru kalian yang sebagian hadir dalam ruangan ini karena beliau-beliau lah yang membekali ilmu, membekali keterampilan sehingga saudara bisa lulus di fakultas hukum juga tidak lepas dari doa, dukungan, perhatian orang tua kalian semua karena merekalah yang berkorban waktu, tenaga dan biaya untuk mensukseskan proses pembelajaran saudara”, ujar Prof. Basuki.

Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., berpidato kepada 67 lulusan dari Fakultas Hukum Unas.

Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., menyampaikan selamat kepada lulusan FH Unas yang telah berhasil lulus pada semester genap ini. Ia juga menyampaikan meskipun lulusan tidak lagi mengenyam pendidikan di FH Unas namun lulusan tetap menjadi bagian dari Unas yang tidak terpisahkan.

Suryono mengatakan, lulusan akan berstatus alumni dimana alumni merupakan mitra strategis bagi kampus. “Oleh karena itu, kalau ada kebutuhan dari Universitas berupa pelacakan alumni kuesioner dan sebagainya tolong untuk secepatnya direspon karena itu sebagai usaha untuk memperbaiki, meningkatkan akreditasi baik program studi maupun Universitas dan mudah-mudahan selalu sukses setelah lulus dari FH Unas”, ucapnya.

Menyinggung tema kegiatan, Suryono mengatakan era society 5.0 merupakan era yang harus dihadapi oleh para lulusan. Ia pun memberikan pesan dalam menghadapi era tersebut. “Tingkatkanlah personil skill. Personil skill itu tentu ada soft skill dan ada hard skillHard skill itu biasanya melalui pendidikan secara formal misalnya dengan melanjutkan S2”, katanya.

Selain personil skill, kemampuan yang harus dimiliki yaitu negosiasi skill, legal riset, bisnis development skill, kemampuan membaca peluang dan yang terpenting adalah kemampuan dalam bersikap.

Baca Juga :   UNAS Lantik 804 Wisudawan, 285 diantaranya Lulus Berpredikat Cum Laude

“Yang terakhir adalah sikap memiliki integritas kemudian watak yaitu kepribadian yang tangguh tanpa menyerah, kemudian bisa dipercaya. Oleh karena itu, kami selaku pimpinan Unas memiliki kebanggaan apalagi anda setelah lulus memiliki kepribadian, sikap dan watak yang baik yang bisa memberikan dan menjunjung nama baik almamater”, ungkapnya.

Dalam acara ini juga mengundang narasumber untuk memberikan pembekalan kepada lulusan yaitu Pakar Hukum Tata Negara Universitas Trisakti Dr. Radian Syam, S.H., M.H., adapun pembekalan ini dimoderatori oleh Dosen FH Unas Silvia Putri Nurhidayanti, S.H., M.H.

Acara ini pun diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh Wakil Dekan FH Unas Dr. Mustakim, S.H., M.H., kepada narasumber. Dilanjutkan dengan pemberian doorprize kepada lulusan dengan penanya terbaik yang diberikan oleh Dosen FH Unas Silvia Putri Nurhidayanti, S.H., M.H. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!