Fakultas Hukum UNAS Gelar PKM di Desa Adat Sinarresmi, Sukabumi

Jakarta (UNAS) – Sebagai salah satu bentuk penerapan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Hukum Universitas Nasional melangsungkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Adat Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan yang digelar pada (10-15/1) tersebut melibatkan 250 mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum.

“Ini program tahunan kami, yang pada semester ini kami pilih desa adat Sinarresmi untuk tempat penelitian kami dan sekaligus memberikan penyuluhan kepada masyarakat disana,” ujar salah satu dosen pendamping, Albert Tanjung S.H., M.Kn.,C.La.

Disinggung mengenai segmentasi kegiatan, Albert yang merupakan salah satu dosen pengampu matakuliah Hukum Adat menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan tugas akhir mahasiswa yang mengambil matakuliah Hukum Adat. “Kemudain disana ada penelitan tugas akhir mata kuliah hukum adaat untuk mahasiswa hukum, ada dua mata kuliah pertama Hukum Adat kedua Hukum Kelurga, dan untuk mahasiswa kita sudah berikan tema- tema yang nanti dijadikan sebagai makalah,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam kegiatan ini, mahasiswa dan dosen akan tinggal dirumah warga desa adat. “Kegitan ini dibagi menjadi 2 kloter,karena menurut kepala adatnya tidak memadai kalau semua ikut dalam satu waktu dan nantinya masing-masing kloter akan bermlam dan tinggal dirumah warga desa adat Sinarresmi,” tambahnya.

Albert juga berharap dengan diadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan bentuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat desa adat Sinarresmi. “Harapan saya dan temat-teman semoga dengan kegiatan ini bisa memberikan ilmu dan dampak yang baik untuk masyarakat adat Sinarresmi dan juga mahasiswa bisa membuat makalah dengan baik yang nantinya  akan dijadikan bank karya ilmiah untuk data akreditasi Fakultas Hukum,”tutpnya. (*TIN)