Fakultas Hukum Lakukan Pengenalan Budaya Akademik kepada 170 Mahasiswa Baru

Jakarta (Unas) – Fakultas Hukum Universitas Nasional (Unas) berikan pengenalan terkait akademik kepada mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 di Ruang Seminar Fakultas Hukum Blok II Lt.I, pada Sabtu (23/09).

Kegiatan ini diikuti oleh 170 mahasiswa baru dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., Wakil Dekan Fakultas Hukum Dr. Mustakim, S.H., M.H., Ketua Program Studi Hukum Masidin, S.H., M.H., Sekretaris Program Studi Magister Hukum Pascasarjana Cucuk Endratno, S.H., M.H., dan Pengurus Himpunan Mahasiswa Hukum serta Komunitas Peradilan Semu (KPS).

“Selamat datang kepada para mahasiswa baru yang sudah lulus masuk ke Fakultas Hukum Unas dan telah menjadi bagian keluarga Fakultas Hukum Unas. Unas ialah pilihan yang tepat karena merupakan Universitas tertua di Jakarta dan tertua kedua di IndonesiaFakultas Hukum Unas juga pilihan yang terbaik karena merupakan perguruan tinggi dengan Akreditasi Unggul,” tutur  Dekan dalam sambutannya.

Prof. Basuki melanjutkan, Fakultas Hukum juga memiliki berbagai kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak hanya belajar akademik saja, namun juga bisa mengikuti kegiatan di luar akademik dan mengembangkan bakatnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan Fakultas Hukum Dr. Mustakim, S.H., M.H., memperkenalkan Program Studi Hukum yang memiliki empat program kekhususan, yaitu (1) Hukum Perdata (2) Hukum adat, Waris dan Pernikahan (3) Hukum Bisnis serta (4) Hukum Pidana dan Hukum Tata Negara.

Sementara itu, Ketua Program Studi Hukum Masidin, S.H., M.H. menyampaikan mengenai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ia pun menjelaskan bahwa program MBKM tertuang dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Baca Juga :   Rektor : UNAS Capai Banyak Kemajuan 3 Tahun Terakhir

Masidin juga mengatakan bahwa pada tahun 2023, Program Studi Hukum telah menerapkan kurikulum MBKM, dimana kurikulum tersebut memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan sepenuhnya di dalam prodi atau di luar prodi.

“Tujuan Kurikulum MBKM yaitu meningkatkan kompetisi lulusan, harus mempunyai hard skill maupun soft skill yang baik. Kemudian menghasilkan lulusan yang berkarakter, berintegritas dan professional,” pungkasnya.

Kegiatan PLBA diakhiri dengan sesi foto bersama oleh pimpinan Fakultas,  Program Studi, dosen dan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024. (SAF)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!