Edukasi Sejarah Indonesia Melalui PKM Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS

Edukasi Sejarah Indonesia

Jakarta (UNAS) – Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNAS mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang bertemakan edukasi Sejarah Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak Yayasan Al-Mizan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pengadaan kegiatan ini bertujuan untuk membagikan ilmu yang bermanfaat kepada anak-anak usia dini seputar pembelajaran dasar mengenai sejarah Indonesia. Diawali dengan sambutan Ketua PKM Stevany Berliana dan diikuti dengan sambutan Ketua Yayasan Al-Mizan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan Nurdiansyah.

“Saya berterima kasih kepada kakak-kakak dari Universitas Nasional karena sudah melakukan kegiatan PKM. Di mana hal ini sangat bermanfaat bagi adik-adik di sini untuk lebih dini belajar sejarah serta mengenal sedikit para tokoh-tokoh penting di Indonesia,” ujar Nurdiansyah.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (5/1/2022) ini memiliki kegiatan utama penyampaian materi pengenalan pahlawan Indonesia. Mengenalkan tokoh-tokoh penting yang berperan dalam perjuangan kemerdekaan negara Indonesia dan menyampaikan materi tentang pemahaman dasar Pancasila.

Selanjutnya, dalam edukasi sejarah Indonesia ini, para mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS turut mendemonstrasikan arti dasar dari Pancasila dan arti penting lambang-lambang Pancasila. Kegiatan juga dilakukan melalui komunikasi dua arah dengan diadakannya sesi kuis dan memberikan ruang tanya jawab bagi para peserta.

Sebagai apresiasi keaktifan dalam menjawab pertanyaan kuis secara cepat dan benar, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS ini memberikan hadiah bagi para peserta. Sehingga diharapkan melalui edukasi sejarah Indonesia, para peserta bisa betul-betul memahami dan berkesan.

Nurul pemenang pertama kuis tersebut menuturkan bahwa melalui pembelajaran bersama mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS, ia bisa lebih cepat menerima materi dengan metode pembelajaran yang interaktif. “Saya tidak terlalu suka kalau belajar sejarah soalnya bikin ngantuk. Tapi kalau belajarnya sambil ada gambar-gambarnya itu saya suka, seru, dan saya jadi mudah menghafal,” ucap Nurul siswi kelas 2 SD.

Baca Juga :   Gandeng BSN, UNAS Berencana Standarisasi Laboratorium

Pada penghujung kegiatan PKM, mahasiswa memberikan kenang-kenangan bagi Yayasan Al-Mizan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan sebagai ucapan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk bisa mempraktekan ilmu yang diperoleh dalam mata kuliah CSR. (*ARS/Tim PKM)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!