Dosen FBS Unas Rura Adinda Resmi Menyandang Gelar Doktor Ilmu Linguistik

Jakarta (Unas) – Dosen Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional (Unas) Dra. Rura Adinda, M.A. berhasil menyandang gelar Doktor. Rura dinyatakan lulus dalam Sidang Ujian Terbuka (Public Exam) Promosi Doktor Ilmu Linguistik Pascasarjana Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Makassar. Rura Adinda sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul “Interferensi Fonologis Bahasa Ibu Terhadap Pelafalan Bahasa Korea Bagi Pemelajar Bahasa Korea di Universitas Nasional Jakarta”.

Sidang ujian terbuka ini dilaksanakan secara online dan onsite, pada Senin, 6 Februari 2023. Kegiatan onsite dilakukan dilakukan di Ruang Exhibition Unas.

Dalam sidang ini, turut dihadiri Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Dekan FBS Unas Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd., Wakil Dekan Dr. Fairuz. S.S., M.Hum., serta para dosen struktural di FBS Unas.

Saat Sidang Doktoral Program Studi Doktor Ilmu Linguistik Pascasarjana Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin Sdri. Rura Adinda berlangsung.

Di hadapan para penguji, Rura mempresentasikan disertasinya dengan sangat baik. Rura juga nampak sangat menguasai materi yang disajikan. Dirinya mampu menjawab seluruh pertanyaan tim penguji yang begitu kritis terhadap disertasi yang diangkatnya.

Dalam disertasinya, Rura menjelaskan bahwa tujuan penelitiannya bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap dan mendalam bentuk-bentuk interferensi fonologis pelafalan Bahasa Korea dan mengukur bentuk pelafalan berupa tone dan pitch dengan menggunakan Software Pratt terhadap pelafalan Bahasa Korea oleh pemelajar Bahasa Korea di Universitas Nasional.

Sdri. Rura Adinda turut merasa bangga atas capaiannya telah meriah gelar Doktor dalam bidang Ilmu Linguistik.

Dari penelitian yang Ia lakukan, terungkap bahwa Bahasa ibu sangat berpengaruh terhadap pelafalan Bahasa Korea. Menurutnya, aspek jender tidak menunjukkan pengaruh dibanding lamanya belajar para pemelajar.

“Dari hasil penelitian disertasi menunjukkan bahwa faktor jender tidak memiliki pengaruh terhadap interferensi fonologi Bahasa Korea kecuali lama belajar setidaknya menunjukkan pengaruh yang cukup besar pada kemampuan berbahasa tetapi keadaan ini hanya terbatas pada pelafalan Bahasa Korea yang standar,” terang Rura dalam disertasinya.

Baca Juga :   Tingkatkan Kreativitas Dalam Menulis, HIMAKOM Gelar Workshop Penulisan Naskah Berita
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!