Dosen FBS Unas Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Linguistik

Jakarta (Unas) – Pascasarjana Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Makassar mengadakan Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Linguistik. Ujian ini merupakan tahap akhir dari studi mahasiswa untuk memperoleh gelar. Penyelenggaraan sidang terbuka promosi doktor kepada Dosen Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional (Unas) Zuhron, S.S., M.Hum., sebagai Promovendus. Sidang dilaksanakan secara hybrid di Ruang Seminar Lt. 3 Unas dan zoom meeting, Selasa (21/3/2023).

Promovendus Zuhron, S.S., M.Hum. saat memaparkan disertasinya didepan para penguji yang diselenggarakan secara hybrid di Ruang Seminar Lt. 3 Unas dan Zoom meeting.

Dalam sidang promosi doktor ini Zuhron mengangkat disertasi berjudul “Strategi Penerjemahan Teks Bahasa Indonesia Bernuansa Budaya ke Dalam Bahasa Inggris: Studi pada Penerjemahan Bahasa Inggris Novel Terjemahan Bumi Manusia dan Ronggeng Dukuh Paruk”. Pemaparan oleh promovendus sebelum kemudian dilanjutkan pertanyaan dari penguji disampaikan kurang lebih 15 menit sesuai dengan waktu yang diberikan oleh pimpinan Sidang.

Mengutip dari disertasinya, Penelitian ini membahas strategi penerjemahan teks bahasa Indonesia bernuansa budaya ke dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan jenis penerjemahan yang ditemukan dalam proses menerjemahkan istilah budaya Indonesia ke dalam bahasa Inggris; (2) memetakan hambatan proses penerjemahan istilah budaya Indonesia ke dalam bahasa Inggris; dan (3) menguraikan strategi (teknik penerjemahan) untuk menghasilkan terjemahan yang berterima dengan baik.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerjemahan teks bahasa Indonesia bernuansa budaya ke dalam bahasa Inggris memiliki bentuk dan variasi yang rumit akibat hambatan pengalihan konteks kultural Indonesia ke dalam kontek budaya lain dalam bahasa Inggris.

Secara keseluruhan penyampaian promovendus sangat baik. namun demikian, terdapat beberapa catatan dari dewan penguji untuk memperbaiki dan menyempurnakan penulisan disertasi promovendus.

Sidang terbuka yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam ini mengantarkan promovendus menyandang gelar Doktor. Berdasarkan hasil rapat majelis dengan pertimbangan hasil pemaparan promovendus dan tanggapan promovendus atas pertanyaan para penguji. Ketua penguji membacakan hasil sidang, bahwa Promovendus dinyatakan lulus setelah dilakukan rapat tertutup oleh majelis penguji. Hasil sidang menetapkan promovendus lulus dengan predikat memuaskan.

Baca Juga :   Bank Mandiri Seleksi Alumni UNAS Jadi Pegawai

Turut menghadiri langsung dalam sidang ini yaitu Dekan FBS Unas Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd., Wakil Dekan FBS Unas Dr. Fairuz. S.S., M.Hum. dan segenap dosen struktural dilingkungan FBS. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!