Dorong Dosen Terbitkan Artikel Populer, Unas Jalin Kerja Sama dengan The Conversation Indonesia

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) melalui Biro Kerja Sama lakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan The Conversation Indonesia. Penandatanganan tersebut dilakukan antara Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama Unas, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. dengan CEO The Conversation Indonesia, Prodita Sabarini, di Exhibition Room Unas, Senin (28/08).

 “Kerja sama ini dilakukan dalam upaya mendorong para dosen untuk bisa menerbitkan hasil risetnya dalam artikel populer di portal The Conversation Indonesia,” ujar Ernawati dalam sambutannya. Ia menambahkan, tak sedikit hasil riset dosen Unas telah dimuat di jurnal nasional dan Internasional. Namun, akses informasi ilmiah tersebut belum semua sampai ke masyarakat secara merata.
 Erna berharap, dengan menggandeng The Conversation Indonesia, riset yang diterbitkan oleh dosen Unas dapat diterjemahkan dengan lebih sederhana dan terasa manfaatnya bagi masyarakat luas. Tak hanya itu, lanjutnya, menulis di media populer juga bisa menambah poin bagi akreditasi program studi dan fakultas.  
Sementara itu, dalam sambutannya, CEO The Conversation Indonesia Prodita Sabarini menjelaskan bahwa The Conversation Indonesia merupakan sebuah media online yang menerbitkan artikel popular hasil dari kolaborasi antara dosen atau peneliti, dan jurnalis.
 “Kami menawarkan kerja sama bagi dosen untuk bisa mengirimkan tulisan ilmiahnya dan dimuat pada situs The Conversation Indonesia. Semua artikel di media ini diterjemahkan dari bahasa akademisi menjadi lebih sederhana agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seluas-luasnya, bahkan dapat diakses di seluruh dunia,” tuturnya.
 Ia melanjutkan, The Conversation Indonesia bukan hanya sekadar mempublikasikan hasil riset dari para dosen dan peneliti, tetapi juga memiliki tujuan bagaimana hasil riset tersebut sampai pada masyarakat yang membutuhkan solusi atas permasalahan yang dihadapinya.
 “Semoga The Conversation Indonesia dapat menjadi wadah bagi para dosen Unas untuk mempublikasikan penelitiannya melalui artikel popular dan bisa menambah kredit poin bagi dosen dan universitas,” pungkasnya.
 Kegiatan ini dilanjutkan dengan sosialiasi penulisan artikel popular oleh Program Manager The Conversation Indonesia, Astrid Wibisono dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.
Baca Juga :   Asesmen Lapangan Akreditasi Magister Biologi, Asesor : Magister Biologi Unas Memiliki Keunikan
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!