CSERM UNAS Ikuti Kick Off Meeting Proyek Blue Communities Guna Jaga Kelestarian Laut

JAKARTA – Centre for Suistainable Energy and Resources Management (Pusat Studi Energi Berkelanjutan dan Sumber Daya) Universitas Nasional (UNAS) mengikuti Kick-off meeting proyek penelitian Blue Communities dengan Principal Investigator dari Plymouth Marine Laboratory (PML), pada 15-18 Januari 2018.

Kegiatan yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia itu diikuti oleh Director CSERM UNAS, J. Sugarjito, Ph.D., Research Fellow CSERM UNAS, Agung Iswadi, M.Sc. Research fellow CSERM dari RGU UK, Dr. Radisti, Associate expert Herriot Watts UK, Dr. L. Garniati dan Kepala Taman Nasional Takabonerate di Sulawesi Selatan.

“Proyek Penelitian ini mencoba menjawab tantangan Man Spatial Planning (MSP) sehubungan dengan kehidupan di sekitar laut yang semakin menurun. Karena inilah proyek Blue Communities akan membantu masyarakat di bidang-bidang kesehatan, turisme, dan energi guna menjaga kelestarian laut,” ujar International Project Manager CSERM UNAS Dra. M.A. Inez Sapteno.

Plymouth Marine Laboratory, lanjut Inez, memperoleh hibah selama 4 tahun (2017/2018-2020/2021) dari Research Council UK (RCUK) yang menggandeng UNAS melalui pusat studi berkelanjutan atau CSRM guna melakukan penelitian – penelitian dalam rangka menjaga kelestarian laut tersebut.

Adapun tujuan dari pertemuan ini adalah untuk saling mengenal sesama mitra, mengetahui kebutuhan dan minat studi mitra proyek dan studi kasus, menentukan pertanyaan dari penelitian yang telah disepakati, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, merencanakan pelaksanaan proyek dan kegiatan di seluruh studi kasus yang memastikan integrasi dan kesinambungan, serta sebagai pertimbangan dan rencana interaksi dan integrasi dengan pemangku kepentingan.

Konsorsium kemitraan penelitian ini diikuti oleh Universiti Malaya yang mewakili Malaysia, Hanoi Nasional University of Education mewakili Vietnam dan Western Phillipines Univerisity dari Filipina. Dan juga mitra dari Inggris termasuk The University of Plymouth, North Devon Biosphere Foundation, Blue Ventures, dan International Pole and Line Fondation.(*nis)

Baca Juga :   Literasi Digital Melalui PKM Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!