Campus Hiring Mudahkan Lulusan UNAS Mencari Pekerjaan 

JAKARTA – Usai dilaksanakannya wisuda semester ganjil Periode II Tahun Akademik 2017/2018, 11 November 2018, para lulusan Universitas Nasional (UNAS) mulai berlomba-lomba untuk mencari pekerjaan. Oleh karena itu, guna mendorong dan memfasilitasi para lulusan, Career Development Center Universitas Nasional (CDC UNAS) laksanakan kegiatan Campus Hiring, pada Kamis (15/11) di Ruang Seminar UNAS. 

Kegiatan ini digelar oleh CDC UNAS bekerjasama dengan platform Nusatalent.com. yang dapat memantau karir center UNAS dalam menyerap para lulusan Universitas untuk bisa mendapatkan pekerjaan. 

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Pelaksana kegiatan ini, Jesaya Pinem, S.S., M.M. mengatakan, campus hiring dilaksanakan dengan tujuan menjembatani para lulusan untuk bisa mendapatkan informasi soal pekerjaan. Juga mempermudah penyedia lapangan kerja untuk bisa menemukan para pencari kerja. Penyelenggaraan ini pun menuai respon yang cukup baik dari para lulusan UNAS. 

“Kegiatan ini dilaksanakan dan mendapat respon yang positif dari para alumni, disini mereka bisa mencari informasi untuk ke lapangan pekerjaan dan saya harap para alumni bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Co-founder & Chief Executive Officer Nusatalent.com, Steven Gouw mengatakan, Nusatalent.com merupakan sebuah platform yang dapat membantu seluruh karir center di perguruan tinggi seluruh Indonesia. 

“Karir center ini bisa memantau seluruh lulusan itu melamar dimana, bekerja dimana, dan kalaupun tidak diterima itu kenapa. Data-data tersebut dibutuhkan setiap karir center  sebagai pertanggungjawaban ke ristekdikti” ujarnya saat ditemui usai kegiatan.

Steven melanjutkan, platform tersebut sudah terhubung lebih dari 50 perusahaan yang sudah melakukan negosiasi dan sedang memiliki program untuk mengunjungi beberapa kampus di Indonesia, salah satunya UNAS yang sudah memiliki kerjasama. 

Dalam kegiatan ini, para peserta bisa mengunduh aplikasi Nusatalent.com yang terdapat di google play Android dan bisa mencari pekerjaan tanpa mengunduh curriculum vitae (CV). “Disini para pencari kerja nggak perlu upload CV lagi dan mereka cukup isi saja ketentuan yang diminta, itu sudah regenerasi dari CV nya,” imbuhnya. 

Steven berharap, para pencari kerja di Indonesia bisa mendapatkan kesetaraan dan tidak memandang dari asal perguruan tinggi. Menurutnya, kualitas seseorang tidak dipandang dari asal perguruan tinggi tempat mereka menempuh pendidikan. “Saya ingin peluang kerja alumni dari institusi pendidikan di Indonesia bisa diraih dengan mudah. Yang pastinya para pencari kerja nggak boleh pantang menyerah dan jangan takut dari universitas mana. Karena balik lagi ke sikap dan budaya yang dilihat, bukan dari kampus mana, itu yang penting,” tutupnya. 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNAS, Dr. Drs. Zainul Djumadin, M.Si., mengatakan, kegiatan campus hiring memang sangat dibutuhkan agar dapat membantu para lulusan UNAS untuk bekerja. Ia berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para alumni dan UNAS dapat meningkatkan kerjasama dengan platform rekrutmen lainnya sehingga bisa menjembatani akses pekerjaan alumni UNAS. 

“Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya dan saya harap alumni setelah lulus tetap memberikan informasi soal pekerjannya sehingga kami bisa memonitor dengan baik, dan menjadi manfaat bagi data program studi,” katanya.(*NIS)