Bersama APTIKOM, Dekan FTKI UNAS Lakukan Kunjungan Ke Turki

Jakarta (UNAS) – Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional (FTKI UNAS), Dr. Septi Andryana, S.Kom, MMSI ikut serta dalam lawatan ke Turki yang diselenggarakan oleh APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) pada tanggal 2 – 12 November 2022. Dalam kunjungannya, delegasi APTIKOM berhasil melakukan berbagai penjajakan kerjasama dengan beberapa Universitas di negara yang beribukota di Ankara tersebut.

 Pada tanggal 2 November 2022, rombongan APTIKOM diterima oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Dr. Lalu Muhammad Iqbal di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara. Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional (FTKI UNAS), Dr. Septi Andryana, S.Kom, MMSI., bersama dengan Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS, Abdul Rahman Wijaya Putra, S.S., merupakan bagian dari delegasi APTIKOM yang berjumlah 27 orang yang berasal dari 15 Perguruan Tinggi di Indonesia, baik PT Negeri maupun PT Swasta.

Penyerahan cinderamata dari Vice Rektor Anadolu University,, Turki, Prof. Dr. Ali Resül USUL kepada Dekan FTKI, Dr. Septi Andryana, S.Kom, MMSI didampingi Sekretaris Jenderal APTIKOM Prof. Dr.rer.nat Achmad Benny Mutiara, S.Si., S.Kom (Ankara, 04/11/22)

Selama dalam lawatan, Dr. Septi menyampaikan telah melakukan kunjungan dan penjajakan kerjasama dengan beberapa Universitas di Turki. Pada 4 November 2022, misalnya, FTKI UNAS berhasil merampungkan penandatanganan Letter Of Intent (LoI) dengan Anadolu University, Ankara, Turki. Pada hari yang sama, UNAS juga melakukan penjajakan kerjasama dengan Eskisehir Technical University, Ankara, Turki.

“Selama kunjungan, APTIKOM juga berhasil menyelenggarakan Joint International ConferenceToward ICT and Management in The Future” di Eskisehir Technical University,” terang Dr. Septi.

Selanjutnya, pada 9 November 2022, kembali dilakukan kunjungan dan penjajakan kerjasama dengan Gebze Technical University, Istanbul, Turki. Dr. Septi menambahkan, selama lawatannya ke Turki, delegasi APTIKOM memiliki banyak peluang kerjasama.

“Yang dihasilkan adalah beberapa peluang kerjasama, mulai dari joint research, pertukaran mahasiswa, visiting professor, dan lain-lain”, ujarnya.

Baca Juga :   Universitas Nasional – Badan Tenaga Nuklir Nasional Tandatangani Kerjasama Bidang Tridarma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Penyerahan cinderamata Universitas Nasional kepada Rektor Eskisehir Technical University, Prof. Dr. Adnan OZCAN. (Ankara, 04/11/22)

Sebagai informasi, Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) merupakan sebuah asosiasi yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan akademik di bidang teknologi informasi di Indonesia. Misi dari organisasi ini adalah untuk menciptakan Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer yang  berkualitas. Oleh karena itu, APTIKOM diharapkan dapat menjadi wadah untuk dapat meningkatkan kerjasama baik antar perguruan tinggi, maupun antar perguruan tinggi dengan pemerintah dan pelaku usaha. Adapun salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan APTIKOM adalah U to U, yaitu kerjasama antara Universitas dengan Universitas, baik dalam maupun luar negeri.

Lawatan ke Turki sendiri merupakan bagian dari program APTIKOM Global Exposure.  APTIKOM Global Exposure merupakan program reguler yang diselenggarakan oleh APTIKOM untuk mengunjungi dan menjalin kerjasama di bidang penelitian, pendidikan, dan kebudayaan dengan institusi di luar negeri. Untuk tahun 2022, kunjungan ini dilakukan ke Turki. (Umair)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!